kumparan
search-gray
Bola & Sports31 Maret 2020 14:24

Seluruh Atlet Bulu Tangkis Pelatnas Cipayung Negatif Virus Corona

Konten Redaksi kumparan
Atlet Bulu Tangkis Berlatih di Pelatnas Cipayung
Atlet Bulu Tangkis Berlatih di Pelatnas Cipayung, Jakarta. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Kabar gembira datang dari Cipayung. Semua atlet pelatnas bulu tangkis dinyatakan negatif terinfeksi virus corona setelah menjalani rapid test.
ADVERTISEMENT
Hasil tes semua atlet Pelatnas Cipayung ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PP PBSI, Achmad Budiharto. Ini juga termasuk atlet-atlet yang mengikuti All England 2020.
“Hasil rapid test atlet semua negatif COVID-19. Sudah dilakukan tes untuk semua tim All England dan atlet yang berada di Pelatnas Cipayung,” kata pria yang akrab disapa Budiharto itu di situs resmi PBSI.
Tim Indonesia untuk All England 2020 memang mendapatkan perlakuan khusus menyusul wabah virus corona di Inggris. Setelah tiba di Tanah Air pada 15 Maret dan 17 Maret 2020 lalu, semua anggota tim All England 2020 menjalani isolasi mandiri di Pelatnas Cipayung.
Atlet Bulu Tangkis Berlatih di Pelatnas Cipayung
Atlet Bulu Tangkis Berlatih di Pelatnas Cipayung, Jakarta. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Nah, Budiharto kemudian menuturkan bahwa masa isolasi mandiri Tim All England 2020 telah berakhir. Kini, semua anggota Tim All England 2020 sudah bisa berada di ruang yang sama dengan atlet lain. Namun, Budiharto menambahkan bahwa social distancing tetap diterapkan.
ADVERTISEMENT
“Sekarang, tim All England tidak dipisahkan secara khusus lagi. Sebelumnya, makan harus diantar ke kamar. Sekarang sudah bisa makan di ruang makan seperti atlet lain. Namun, masih ada penerapan social distancing.”
Pernyataan Budiharto didukung oleh dokter PBSI, Octaviani. Menurut Octaviani, semua anggota tim All England 2020 sudah dinyatakan sehat. Namun, Octaviani menegaskan bahwa mereka semua tetap dipantau dan harus terus menjaga kondisi tubuh.
“Tim All England sudah clear semua, sudah bisa kembali ke kamar masing-masing dan makannya tidak perlu dipisah lagi. Tetapi ingat, walaupun hasil rapid test negatif, semua harus tetap jaga kondisi tubuh dengan jaga jarak dan rutin minum vitamin. Kami masih terus pantau selagi wabah virus corona belum reda," ujar dr. Octaviani.
ADVERTISEMENT
Selain kabar menyoal atlet di Pelatnas Cipayung, Budiharto juga menyampaikan kondisi terkini Hendry Saputra, pelatih tunggal putra Indonesia yang kini tengah berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
Menurut Budiharto, hasil rapid test menunjukkan bahwa Hendry terbebas dari virus corona. Namun, PBSI masih menunggu hasil swab test yang lebih akurat, dan Hendry kini masih dirawat di RS Pelni.
“Kami masih menunggu hasil swab test coach Hendry. Sampai hari ini belum keluar. Saat ini, coach Hendry menjalani beberapa tes kesehatan untuk memastikan dia terbebas dari penyakit-penyakit yang bisa melemahkan kondisinya,” tutup Achmad Budiharto.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white