kumparan
19 November 2019 16:24

2020, Alibaba Cloud Fokus Latih Talenta Digital di Indonesia

Logo Alibaba
Logo Alibaba. Foto: Chesnot/Getty Images
Alibaba Cloud telah mengungkap target mereka di Indonesia untuk tahun 2020 mendatang. Selain bakal memperluas kerja sama mereka dengan startup lokal, perusahaan komputasi awan asal China tersebut juga bakal mengadakan program pelatihan bagi talenta digital Indonesia.
ADVERTISEMENT
Salah satu misi utama Alibaba Cloud di Indonesia pada tahun depan adalah untuk memberdayakan perusahaan kecil menengah melalui teknologi intelijen digital. Untuk mencapai hal tersebut, pihak Alibaba Cloud menargetkan layanan komputasi cloud mereka mencakup 2.000 perusahaan dan startup Indonesia.
Sejumlah perusahaan lokal dari berbagai bidang memang telah memakai layanan Alibaba Cloud. Selain Tokopedia (e-commerce) dan Ruang Guru (edukasi), Alibaba Cloud juga melayani Kredivo (fintech), Carfix (manufaktur), hingga JNE Express (logistik).
Alibaba Cloud Year-End Roundtable 2019
Konferensi pers Alibaba Cloud Year-End Roundtable 2019. Foto: Aulia Rahman/Alibaba
Alibaba Cloud menyediakan empat kategori layanan bagi perusahaan kustomer mereka. Keempat layanan tersebut adalah data intelligent, computing, big data, dan joint solution. Semua layanan menyediakan berbagai macam alat analisis data bagi perusahaan, dan untuk tahun depan Alibaba Cloud menargetkan akan menambah alat-alat baru di dalam layanan mereka.
ADVERTISEMENT
Pihak perusahaan juga menyebut bakal bekerja sama dengan universitas di Indonesia untuk mengadakan program pelatihan talenta digital. Menurut Leon Chen, selaku Head of Alibaba Cloud Indonesia, program ini bertujuan untuk mengembangkan talenta lokal.
“Mengenai kolaborasi dengan universitas dan institusi pendidikan, kami telah berbicara dengan beberapa universitas,” ungkap Leon saat ditemui di Jakarta, Selasa (19/11).
“Kami berusaha mengajarkan apa yang telah kami berhasil lakukan di pasar China untuk membawa teknologi memberdayakan perusahaan kecil menengah lokal. Sekarang kami ingin mengajak universitas untuk mengembangkan talenta lokal."
Ilustrasi Alibaba Group
Ilustrasi Alibaba Group. Foto: REUTERS/ STR
Selain itu, Leon juga mengungkap bahwa pihaknya bakal menggelar Create @ Alibaba Cloud, sebuah kompetisi pengembangan startup bikinan Alibaba sejak tahun 2015 yang mengakomodasi startup baru untuk berkembang. Dengan demikian, Alibaba Cloud juga hendak membentuk ekosistem startup mereka sendiri di Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Untuk Create @ Alibaba Cloud, kami akan memilih internet company startup yang ada di Indonesia. Lalu, pemenangnya akan menjadi regional winners. Nantinya, mereka akan berangkat ke Hangzhou (China) untuk ikut final," jelas Leon.
“Benefit yang akan diberikan oleh Alibaba Cloud itu berbentuk cloud credit di mana nantinya mereka bisa menggunakan teknologi Alibaba Cloud untuk explore bisnisnya lebih lanjut. Alibaba Cloud juga akan memberikan mentoring,” pungkasnya.
Selaras dengan semua tujuan itu, Leon juga mengungkap bahwa Alibaba Cloud akan mendukung inisiatif pemerintahan digital di Indonesia pada 2020 mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan