kumparan
11 November 2019 19:08

Alibaba Pecah Rekor, Raih Transaksi Rp 422 T di Single Day 11.11

Logo Alibaba
Logo Alibaba di kantor pusat Alibaba Group di Beijing, China. Foto: REUTERS/Stringer
Raksasa e-commerce asal China, Alibaba, mencatat rekor baru dalam festival belanja tahunan Single Day pada 11 November 2019 ini. Gross merchandise value (GMV) yang diraih Alibaba dari Single Day 11.11 telah melewati angka rekor sebelumnya sekitar 30 miliar dolar AS atau setara Rp 422 triliun.
ADVERTISEMENT
Angka ini masih akan terus bertambah hingga berakhirnya momen 11.11 pada hari ini. Alibaba sendiri telah menyelenggarakan festival 11.11 Single Day selama 11 tahun. Selama 24 jam, yang dimulai pada tengah malam di Singapura dan Hong Kong, Alibaba menawarkan diskon besar-besaran untuk berbagai produk di platform e-commerce seperti Tmall.
Angka penjualan Single Day dari Alibaba pada tahun saja berhasil melampaui angka penjualan dari festival belanja populer di Amerika Serikat seperti Black Friday atau Cyber Monday.
Logo Alibaba
Logo Alibaba. Foto: REUTERS / Aly Song
Untuk mendorong penjualannya, Alibaba memperluas angka barang yang didiskon dan melakukan live streaming di platform-nya untuk promosi. Saat ini, live streaming memang telah menjadi bagian penting dalam dunia e-commerce di China.
Sebelumnya, dilaporkan dalam 1 menit 8 menit sejak 11.11 dimulai, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay saja telah mencapai 1 miliar dolar AS. Kemudian pada 1 jam pertama, GMV dari transaksi dengan Alipay adalah sebesar 12 miliar dolar AS.
Kantor Alibaba di Malaysia
Kantor Alibaba di Malaysia. Foto: Lai Seng Sin/Reuters
Alibaba mengungkap Jepang menjadi negara dengan jumlah penjualan tertinggi ke China dalam momen 11.11 kali ini. Kemudian di bawahnya disusul AS, Korea Selatan, Australia, Jerman, Inggris, hingga Prancis.
ADVERTISEMENT
Beberapa jam sebelum festival belanja 11.11 dimulai, platform streaming video Alibaba, Youku, menyelenggarakan acara perayaan yang menghadirkan bintang pop kenamaan Taylor Swift.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan