Tekno & Sains
·
11 Desember 2019 15:18

Ada Isu Bakal Larang Pengguna Sharing Akun, Ini Kata Netflix

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ada Isu Bakal Larang Pengguna Sharing Akun, Ini Kata Netflix (150279)
Logo Netflix. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Penyedia layanan streaming video, Netflix, dikabarkan akan bakal membatasi praktik berbagi satu akun untuk beberapa pengguna di dalam platform mereka. Menurut laporan Independent, topik tersebut menjadi perhatian Netflix dalam sesi wawancara mengenai pendapatan perusahaan selama kuartal ketiga 2019.
ADVERTISEMENT
Jika platform on-demand ini mengubah kebijakan soal pembagian akun, maka pengguna yang ketahuan berbagi akunnya kemungkinan bakal dikenakan sanksi. Bagaimana sebenarnya sikap Netflix soal praktik sharing akun ini?
Netflix diketahui memiliki paket Premium yang memungkinkan pengguna untuk berbagai akun untuk empat perangkat. Sebenarnya kebijakan ini disarankan untuk berbagai dengan keluarga satu rumah.
Ada Isu Bakal Larang Pengguna Sharing Akun, Ini Kata Netflix (150280)
Ilustrasi Netflix. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson
Menurut Communications Manager Netflix, Kooswardini Wulandari, berbagai akun atau sharing password dengan orang lain bisa membahayakan keamanan data privasi pengguna. Alasannya, pengguna lain dengan akun sama bisa melihat data kartu kredit yang dipakai.
"Jadi sebenarnya itu kalau dari kita, sharing sebetulnya hanya diperbolehkan untuk member yang berada di satu rumah yang sama. Karena ini masalah privasi. Sebetulnya yang menjadi perhatian kita adalah keamanan data pengguna. Ketika pengguna memutuskan untuk sharing password-nya dia, berarti info di dalam akun, seperti pembayaran, nomor kartu kredit (juga di-share). Itu kan data sensitif," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (10/12).
ADVERTISEMENT
Ketika pengguna saling berbagi akun dan kata sandi, mereka pada dasarnya sedang mengakali biaya langganan Netflix, yang memang tidak murah bagi sebagian warga Indonesia, dengan patungan
Oleh sebab itu, Netflix memperkenalkan paket langganan baru Ponsel di Indonesia. Paket yang harganya cukup terjangkau, yakni Rp 49 ribu, ini bisa mendorong orang berlangganan Netflix.
"Kita belajar waktu launching paket Ponsel di India, adalah walaupun orang ada yang sharing, tapi mereka merasa ingin punya akun sendiri sebetulnya. Dengan harga yang ditawarkan terjangkau, mungkin ada banyak orang yang ingin mencoba dengan harga yang murah akan bertambah. Dan mereka bisa cancel berlangganan kapan aja. Adanya paket Ponsel bisa menarik pengguna bisa beralih," ungkap Dini.
Ada Isu Bakal Larang Pengguna Sharing Akun, Ini Kata Netflix (150281)
Ilustasi Netflix. Foto: Marouane Lr/Flickr
Salah satu keuntungan memiliki akun Netflix sendiri adalah fitur personalisasi yang dikembangkan untuk membuat pengguna merasa nyaman dan suka dengan konten-konten yang disuguhkan.
ADVERTISEMENT
Pengguna bisa menentukan genre film atau serial TV yang disukai sehingga Netflix dapat menyuguhkan konten-konten tersebut. Hal ini yang tidak akan dimiliki, jika pengguna melakukan sharing akun.
Menurut laporan yang dibuat oleh Magid, sebuah firma riset di AS, sembilan persen pengguna Netflix terlibat dalam praktik berbagi akun. Meskipun terlihat kecil, praktik ini dapat membuat perusahaan merugi hingga 135 juta dolar (sekitar Rp 1,9 triliun).