kumparan
3 Desember 2019 7:10

Begini Cara Bikin Kolase Foto Best Nine 2019 di Instagram

Instagram (Portrait)
Ilustrasi aplikasi Instagram. Foto: freestocks via Pixabay
Ketika memasuki akhir tahun, biasanya pengguna Instagram mulai ramai membuat sembilan foto terbaik Instagram mereka. Hal yang sama diprediksi akan kembali terjadi pada tahun 2019 ini.
ADVERTISEMENT
Feed Instagram akan diramaikan posting-an sembilan foto terbaik atau best nine dengan tagar #2019bestnine. Sembilan foto itu adalah foto-foto terpopuler dengan jumlah Like terbanyak sepanjang tahun 2019.
Jika kamu masih belum tahu cara membuatnya, kamu bisa mengandalkan pihak ketiga yang menawarkan jasa untuk kurasi sembilan foto terbaik secara otomatis. Untuk saat ini, memang Instagram belum meluncurkan fitur untuk pengumpulan sembilan foto terbaik.
Pihak ketiga yang bisa digunakan adalah TopNine. Mereka menyediakan layanannya melalui situs web dan aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone dan iPad.
Untitled Image
Halaman utama situs web topnine.co (Foto: topnine.co)
Cara kerja TopNine membuat foto kolase sembilan foto terbaik berdasarkan respons 'like' terbanyak. Belum diketahui alasan kenapa hanya sembilan foto terbaik, tidak kurang atau lebih dari angka tersebut.
ADVERTISEMENT
Berikut cara bikin kolase sembilan foto terbaik Instagram dengan TopNine:
1. Pastikan akun Instagram yang ingin dibuatkan kolase foto best nine tidak diprivat.
2. Kunjungi website topnine.co atau download aplikasi TopNine di Google Play Store dan Apple Apps Store.
3. Masukan username akun yang ingin dibuat kolase sembilan foto terbaik. Perlu diingat, akun yang ingin dibuat kolase tidak harus milik pribadi. Kamu bisa membuat foto kolase untuk akun lain.
Instagram
Instagram. Foto: USA-Reiseblogger via Pixabay (Public Domain)
4. Pengguna akan diminta memasukan email. Alamat email yang diisi juga boleh bebas, tidak harus email saat mendaftar akun Instagram.
Pihak TopNine juga sudah mengaku, bahwa email yang diisi akan digunakan untuk pemasaran. Kamu bisa menghapus email tersebut dengan mengisi formulir di situs topnine.co/forget-me. Hal ini dilakukan untuk keamanan data pribadi dan kenyamanan pengguna.
ADVERTISEMENT
5. Setelah mendapatkan hasil kolase dari 9 foto terbaik, pengguna juga akan terima jumlah total like yang didapat, rata-rata like per posting, dan jumlah posting-an yang dibuat.
6. Pengguna bisa simpan hasil sembilan foto kolase terbaik yang telah dibuat dengan mengklik "Download Now". Ada juga fitur langsung share ke Instagram.
Ada yang berbeda dengan hasil kolase foto di aplikasi dan situs TopNine. Jika pengguna membuat foto best nine melalui aplikasi, hasil kolasenya akan tampak watermark. Sementara tanpa tersebut tidak ada dari kolase foto hasil olahan situs web-nya. Untuk menghilangkan watermark di foto best nine buatan aplikasinya, pengguna harus membayar Rp 29 ribu.
Bagaimana? Kalian tertarik mencoba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan