Tekno & Sains
·
3 September 2020 6:32

Belajar dari Kasus Kaesang: Ini 6 Cara Kenali Akun Penipu di Instagram

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Belajar dari Kasus Kaesang: Ini 6 Cara Kenali Akun Penipu di Instagram (36313)
Kaesang Pangarep Foto: Instagram/@kaesangp
Platform media sosial Instagram kerap jadi wadah untuk melakukan penipuan. Bahkan, putra bungsu presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, turut menjadi target sasaran penipuan melalui Instagram, walaupun ia tergolong pengguna Instagram yang sigap dan tidak mudah tertipu oleh akun palsu.
ADVERTISEMENT
Kaesang mampu mengenali ciri-ciri penipuan yang dilakukan akun palsu di Instagram, sehingga tidak tertipu dengan buaian pelaku. Kaesang malah melakukan serangan balik yang membuat si penipu langsung melontarkan permintaan maaf.
Agar tidak mudah tertipu oleh akun palsu atau akun penipuan lainnya di Instagram, lebih baik kamu perhatikan ciri-ciri berikut ini, yang siapa tahu berguna di masa mendatang. Diharapkan, kita semua lebih waspada dan tidak tertipu iming-iming hadiah yang akan merugikan.

Kenali nama akun Instagram

Belajar dari kasus Kaesang yang mengalami percobaan penipuan. Di situ kita bisa lihat bahwa pesan DM (direct message) Instagram yang dikirimkan berasal dari akun @luckycatsauction. Akun tersebut adalah akun palsu yang memiliki nama yang hampir mirip dengan akun aslinya @luckycatauction. Perbedaannya ada pada huruf 's' di belakang kata 'cat'.
ADVERTISEMENT
Pengguna Instagram @luckycatauction memang merupakan akun yang sering mengelar lelang berbagai jenis barang, mulai dari fesyen, elektronik, hingga otomotif. Di sini, penipu yang mengincar Kaesang coba memanfaatkan kredilibitas akun asli @luckycatauction untuk melakukan aksi tipu-tipu

Periksa kolom komentar akun penipu Instagram

Setelah kasus Kaesang viral, pelaku langsung menonaktifkan akun Instagram-nya. Namun, biasanya akun-akun palsu atau yang ditujukan untuk penipuan memiliki ciri khas pada kolom komentar. Jika comment section limited atau dimatikan, kamu harus curiga.
Belajar dari Kasus Kaesang: Ini 6 Cara Kenali Akun Penipu di Instagram (36314)
Ilustrasi Instagram. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Alasannya, akun palsu yang ditujukan untuk penipuan kemungkinan besar akan mematikan komentar di posting Instagram-nya. Diharapkan para korban tidak bisa memberikan testimoni di kolom komentar yang bisa membuka kedoknya.

Cek bagian Tags dari akun penipu di Instagram

Jika kamu sudah menaruh curiga bahwa ada akun yang mencoba menipu kamu, atau ragu-ragu dengan akun pedagang di Instagram, bisa lihat bagian Tags. Di sana akan ada posting foto atau video yang di-tag oleh orang lain terhadap akun tersebut.
ADVERTISEMENT
Bila di bagian Tags ada posting-an yang menjelek-jelekan atau bahkan melaporkan bahwa akun tersebut palsu dan melakukan penipuan, kamu harus segera sadar bahwa kamu menjadi target penipuan.
Belajar dari Kasus Kaesang: Ini 6 Cara Kenali Akun Penipu di Instagram (36315)
Cara cek berapa kali akun berganti nama di Instagram. Foto: kumparan

Cek berapa kali akun itu melakukan pergantian nama akun

Jika akun yang kamu curigai adalah akun bisnis, kamu dapat melihat seberapa sering akun tersebut berganti-ganti nama. Caranya bisa buka halaman profil akun tersebut. Lalu, klik tombol titik tiga di pojok kanan atas.
Kemudian, akan muncul menu, lalu pilih About This Account. Selanjutnya lihat bagian Former Username. Jika di bagian Former Username ada banyak nama, maka kita patut curiga pada akun tersebut.

Cek nomor kontak akun Instagram

Bila akun yang kamu curigai itu memiliki nomor kontak di bagian biografi, kamu bisa melakukan pengecekan menggunakan aplikasi True Caller atau GetContact. Kedua aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk melihat tag atau label yang diberikan oleh pengguna lain pada sebuah nomor HP. Jika nomor tersebut banyak yang diberikan label jelek, maka patut dicurigai.
Belajar dari Kasus Kaesang: Ini 6 Cara Kenali Akun Penipu di Instagram (36316)
Cara cek berapa kali akun berganti nama di Instagram. Foto: @ningningkuning via Twitter

Cek nomor rekening akun Instagram

Seperti yang dilakukan oleh Kaesang, kamu harus memeriksa nomor rekening yang diberikan oleh akun yang kamu curigai.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa melakukan pengecekan nomor rekening melalui situs CekRekening.id milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). CekRekening menjadi portal pengaduan nomor rekening yang pernah dipakai untuk penipuan. Laporan ini dibuat secara mandiri oleh publik, lalu bisa diakses pula oleh banyak orang.