Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
ADVERTISEMENT
Pernahkah kamu membayangkan cara berinteraksi dengan komputer tanpa menyentuhnya? Film sci-fi mungkin dapat menjadi rujukanmu membayangkan hal tersebut, tapi Facebook akan membuatmu benar-benar dapat melakukannya.
ADVERTISEMENT
Facebook resmi mengakuisisi startup bernama CTRL-Labs pada Senin (23/9) waktu Amerika Serikat. Untuk mengakuisisi startup yang memiliki basis di New York itu, Facebook dikabarkan menggelontorkan dana sebesar 1 miliar dolar AS (sekitar Rp 14,1 triliun).
CTRL-Labs merupakan pengembang teknologi pembaca pikiran. Mereka memproduksi gelang yang mampu memahami sinyal-sinyal neuron dalam otak pengguna dan menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang bisa dipahami oleh perangkat. Dengan demikian, gelang tersebut memudahkan pemakainya untuk mengendalikan perangkat digital, seperti melakukan navigasi ataupun posting foto, hanya dengan mengintensikannya saja.
Teknologi tersebut kemudian menarik perhatian Facebook sehingga akhirnya terlaksana akuisisi ini. Menurut Andrew Bosworth, Head of AR and VR Facebook, teknologi yang dikembangkan CTRL-Labs memiliki potensi penggunaan yang masif di masa depan.
ADVERTISEMENT
“Teknologi seperti ini memiliki potensi untuk membuka kemungkinan kreatif baru dan menata kembali penemuan abad ke-19 di dunia abad ke-21. Beginilah interaksi kami di VR dan AR suatu hari nanti. Itu bisa mengubah cara kita terhubung,” kata Bosworth, dalam postingan Facebook-nya, Selasa (24/9).
Bosworth juga menambahkan bahwa CTRL-Labs nantinya akan masuk ke dalam tim Facebook Reality Labs. Dia berharap bahwa kolaborasi tim Facebook dan CTRL-Labs dapat menghadirkan perangkat pembaca pikiran lebih cepat kepada publik.
Akuisisi CTRL-Labs menunjukkan keseriusan Facebook terhadap teknologi futuristik. Pekan lalu, Facebook juga dirumorkan sedang bekerja sama dengan perusahaan kacamata Luxottica untuk menciptakan kacamata pintar.