kumparan
20 Maret 2019 12:31

Instagram Stories Bakal Dirombak, Tampilannya Lebih Simpel

Logo aplikasi Instagram di smartphone Android. Foto: REUTERS/Thomas White
Salah satu fitur jagoan Instagram, yaitu Stories, tampaknya akan mengalami perubahan tampilan antarmuka atau user interface (UI) dalam waktu dekat. Format baru ini disebut memiliki tampilan yang lebih sederhana dibanding antarmuka saat ini.
ADVERTISEMENT
UI baru Stories ditemukan pertama kali oleh seorang ahli aplikasi Android bernama Jane Manchun Wong. Dia membagikan screenshot dari tampilan Instagram Stories melalui akun Twitter pribadinya.
Ketika ingin membuat Stories, biasanya ada delapan opsi fitur yang bisa digunakan, seperti 'Boomerang', 'Superzoom', hingga 'Rewind', dan berada di bagian bawah layar. Dalam gambar yang dibagikan Wong, semua fitur tersebut akan dikelompokkan menjadi tiga kategori, dengan layout-nya membulat dan sederhana.
Wong mencatat ada tiga opsi, yakni 'Normal', 'Create', dan 'Live', yang bisa dipilih pengguna. Berikut penjelasan ketiga pilihan tersebut.
Normal: Pengguna bisa mengambil gambar Stories dengan menggunakan beberapa fitur, seperti 'Superzoom', 'Rewind', 'Boomerang', serta efek AR Instagram.
Create: Di sini pengguna dapat menemukan fitur seperti 'Ask quetions', 'Polling', dan stiker.
ADVERTISEMENT
Live: Mode ini untuk pengguna yang ingin menyiarkan Instagram Stories secara langsung.
Uniknya, tata letak fitur pada tampilan antarmuka baru Instagram Stories ini tampak membulat seperti pilihan menu di kamera profesional DSLR. Bentuk ikon fitur Stories juga berubah menjadi terlihat sederhana.
Selain itu, UI yang baru ini juga lebih interaktif dan menarik, membuat Stories lebih mudah dipahami oleh pengguna baru dan membantu memperluas pengalaman pengguna.
Wong juga mengatakan bahwa tampilan baru Instagram Stories ini mirip dengan aplikasi foto 'Obscura' yang populer di Apple App Store. Itu adalah aplikasi berbayar di mana pengguna harus mengeluarkan biaya 4,99 dolar AS atau sekitar Rp 70 ribu untuk bisa mengunduh dan memakai Obscura.
Lantas, apakah Instagram memodifikasi tampilan dari UI aplikasi Obscura? Melihat sejarah Instagram, media sosial milik Facebook ini punya banyak jejak yang terkenal 'mencuri' fitur populer dari aplikasi kompetitor.
ADVERTISEMENT
Instagram saat ini belum berkomentar soal tampilan baru Stories yang ditemukan Wong.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan