kumparan
5 November 2019 11:09

Jaringan Internet Telkom dan Telkomsel Alami Gangguan

Logo Telkomsel. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Jaringan telekomunikasi milik perusahaan Telkom dan Telkomsel mengalami gangguan pada Selasa (5/11). Gangguan ini memengaruhi koneksi interrnet milik kedua perusahaan sejak pukul 10.25 pagi WIB.
ADVERTISEMENT
Update: Telkom dan Telkomsel mengatakan jaringan internetnya kembali normal sekitar pukul 11.10 WIB. Gangguan ini terjadi selama 45 menit. Selengkapnya baca di sini.
Ketika gangguan terjadi, sejumlah pelanggan Telkomsel mengaku tidak lancar berselancar internet seluler, baik dalam jaringan 4G LTE maupun 3G. Begitu juga dengan pelanggan jaringan fiber optik Telkom IndiHome yang kesulitan dan mengalami pelambatan internet Wi-Fi di rumahnya.
Telkom sudah angkat bicara soal gangguan yang terjadi pada layanan IndiHome. Perusahaan mengakui ada gangguan pada akses internet internasional.
"Sempat terjadi gangguan akses internet internasional pada Selasa, 5 November 2019 sekitar pukul 10.25 WIB. Telkom masih melakukan penelusuran lebih lanjut penyebab terjadinya gangguan dan perbaikan layanan secepatnya. Saat ini, sebagian layanan sudah beroperasi normal kembali," kata Arif Prabowo, VP Corporate Communication Telkom Indonesia, saat dihubungi kumparan.
ADVERTISEMENT
"Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan. Telkom senantiasa berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh pelanggan."
Telkomsel Smart Office di Jakarta. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Dari laporan pengguna di Twitter, diketahui gangguan terjadi meluas di beberapa daerah di Indonesia. Para pelanggan Telkomsel juga mengeluhkan informasi jaringan di ponselnya, walaupun ada keterangan 3G atau 4G LTE, namun jaringannya mengalami perlambatan.
Berikut keluhan pengguna Telkomsel dan IndiHome di Twitter:
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan