kumparan
5 November 2019 12:33

Sempat Gangguan, Internet Telkom dan Telkomsel Kembali Normal

Logo Telkomsel. Foto: Muhammad Fikrie/kumparan
Jaringan internet milik operator telekomunikasi Telkom dan Telkomsel sempat terganggu pada hari ini, Selasa (5/11), sejak pukul 10.25 pagi WIB. Siang ini, kedua perusahaan memastikan layanannya kembali normal sejak pukul 11.10 WIB.
ADVERTISEMENT
Gangguan ini terjadi karena adanya masalah pada akses internet internasional Telkom Group. Hal ini membuat sejumlah pelanggan jaringan fiber optik Telkom IndiHome tidak bisa mengakses internet Wi-Fi dari rumah. Begitu juga dengan pelanggan seluler Telkomsel yang mengaku sulit mengakses sejumlah layanan.
Gangguan ini, dikatakan Telkom terjadi selama 45 menit.
Baik Telkom dan Telkomsel, menyampaikan permintaan maaf kepada para pelanggan atas penurunan kualitas akses internet yang terjadi.
"Telkom memohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dialami pelanggan yang terkena dampak gangguan. Proses recovery sudah selesai dilakukan dan pelanggan dapat menggunakan layanan Telkom Group kembali seperti sedia kala. Kami terus berkomitmen memastikan kualitas infrastruktur jaringan produk dan layanan TelkomGroup untuk pengalaman terbaik pelanggan," kata Arif Prabowo, VP Corporate Communication Telkom Indonesia.
Petugas beraktivitas di gedung Telkom Indonesia. Foto: REUTERS/Beawiharta
Telkom saat ini memiliki 6,5 juta pelanggan IndiHome pada Juli 2019. Perusahaan menargetkan bisa meraih 7 juta sampai 7,5 juta pelanggan hingga akhir tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Sementara Telkomsel memiliki pelanggan sekitar 167,7 juta pada Agustus 2019.
Kedua perusahaan terus melakukan transformasi di internal untuk menjadikannya sebagai digital telecom company.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan