kumparan
Tekno & Sains3 Agustus 2018 12:03

JD.id Buka Toko Tanpa Kasir Pertama di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Toko tanpa kasir JD.id X
Toko tanpa kasir JD.id X. (Foto: JD.com via YouTube)
Perusahan e-commerce JD.id menghadirkan inovasi terbaru khusus untuk masyarakat Indonesia. JD.id membuka toko offline pertama mereka bernama JD.id X dengan konsep tanpa kasir berkat penerapan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).
ADVERTISEMENT
Toko ini sendiri berlokasi di kawasan perbelanjaan PIK Avenue lantai 3, yang beralamatkan Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard, Jakarta Utara.
JD.id X menawarkan pengalaman berbelanja yang sepenuhnya bersifat futuristis sekaligus memaksimalkan fitur teknologi kekinian, seperti pemindai wajah, radio-frequency identification (RFID), serta metode pembayaran nontunai.
"Kami sangat bangga dengan diluncurkannya JD.id X, pusat pengalaman berbelanja berbasis AI kami yang pertama di Asia Tenggara dan di Indonesia. Ini merupakan langkah pertama dalam pemanfaatan teknologi kami untuk memperkuat Indonesia dengan sebuah pengalaman berbelanja yang baru,” kata Presiden Direktur JD.id Zhang Li dalam siara pers yang diterima kumparan, Jumat (3/8)
Produk-produk yang ditawarkan di JD.id X tersedia secara eksklusif dengan harga khusus. Ada banyak produk populer yang bisa dibeli pelanggan, mulai dari kategori fesyen, kosmetik, aksesori kecantikan, produk rumah tangga non-elektronik, serta kebutuhan sehari-hari.
Peresmian toko tanpa kasir JD.id X
Peresmian toko tanpa kasir JD.id X. (Foto: JD.id)
Selain itu, JD.id X juga menawarkan private label yang tersedia eksklusif. Keragaman varian produk yang ditawarkan menjadi faktor pembeda JD.id X dengan toko berbasis AI lainnya yang umum menjual keperluan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Project Manager JD.id X Eyvette Tung menjelaskan, pelanggan yang ingin berbelanja di JD.id X harus memiliki akun JD.id terlebih dahulu. Hal itu untuk memudahkan pembayaran yang semua akan bersifat non-tunai.
JD.ID
Calon pembeli berbelanja di pusat belanja berbasis teknologi Artificial Intelligence pertama di Indonesia "JD.ID X", Kamis (2/8). (Foto: Dok. JD.ID)
“Kami telah mengembangkan teknologi pemindai wajah yang sangat personal untuk meningkatkan kenyamanan dan membuat pelanggan merasa nyaman. Berbagai produk yang dibeli di JD.id X terhubung langsung dengan akun JD.id pelanggan yang membuat pembayaran nontunai menjadi semakin mudah,” jelas Eyvette.
Konsep JD.id X sebenarnya mirip dengan toko berbasis teknologi AI di luar negeri, seperti Hema Supermarket di China milik Alibaba dan Amazon Go Store di AS besutan Amazon. Tertarik mencoba belanja di JD.id X?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan