Tekno & Sains
·
25 Januari 2021 6:34

Jumlah Pengguna Netflix di Seluruh Dunia Tembus 203,6 Juta

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jumlah Pengguna Netflix di Seluruh Dunia Tembus 203,6 Juta (163316)
Ilustrasi menonton Netflix. Foto: Pixabay
Netflix baru saja meraih pencapaian baru. Platform penyedia layanan streaming film ini baru saja mencatat jumlah pelangganannya di seluruh dunia tembus 203,6 juta pengguna.
ADVERTISEMENT
Pencapaian ini terjadi setelah Netflix mengalami pertumbuhan yang spektakuler di kuartal pertama 2020, ketika COVID-19 mulai menjadi pandemi di dunia.
Kala itu, Netflix kedatangan 15,8 juta pelanggan baru. Kemudian di akhir tahun, tepatnya kuartal keempat 2020, pengguna berbayarnya bertambah 8,5 juta orang.
Secara keseluruhan, jumlah pelanggan bulanan baru Netflix sepanjang 2020 mencapai 37 juta pengguna di seluruh dunia, angka yang lebih baik dibanding tahun lalu. Pada 2019, aplikasi streaming film ini 'cuma' mendapat 28 juta pelanggan baru.
Jumlah Pengguna Netflix di Seluruh Dunia Tembus 203,6 Juta (163317)
Ilustrasi menonton Netflix. Foto: Olivier DOULIERY/AFP
Pertumbuhan pengguna ini tentu menguntungkan finansial Netflix. Menurut laporan keuangannya, seperti dikutip GSMArena, pendapatan tahunan Netflix di 2020 mencapai 25 miliar dolar AS, naik 24 persen dibanding tahun lalu.

Netflix Kalah Populer Dibanding Disney Plus Hotstar di Indonesia

Walau mengalami pertumbuhan pelanggan baru, Netflix rupanya masih kalah populer di Indonesia dibanding Disney Plus Hotstar. Sebagai pemain yang baru seumur jagung beroperasi di Indonesia, Disney Plus Hotstar kini memimpin pasar layanan video on-demand.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan terbaru dari Media Partners Asia (MPA) per 16 Januari 2021, jumlah pelanggan Disney Plus Hotstar di Indonesia mencapai 2,5 juta. Di belakang Disney Plus, ada Viu dengan jumlah 1,5 juta pelanggan, Vidio 1,1 juta pelanggan. Sementara Netflix tertinggal di tempat keempat dengan hanya 850.000 pelanggan.
Peluncuran Disney Plus Hotstar pada September 2020 lalu turut mendorong lonjakan penggunaan layanan Subscription Video on Demand (SVoD) secara keseluruhan di Indonesia. Hal itu tak lepas dari peran aktif Telkomsel, selaku operator seluler terbesar di Indonesia, yang juga agresif mempromosikan Disney Plus Hotstar.
Akuisisi konten lokal yang dilakukan aplikasi streaming milik Disney itu terbukti menjadi kunci pertumbuhan jumlah pelanggan. Lebih dari 20 persen dari waktu konsumsi konten Disney Plus Hotstar di Indonesia pada Desember 2020 diperoleh dari konten lokal.
ADVERTISEMENT
Harga yang ditawarkan Disney Plus Hotstar pun lebih terjangkau dibandingkan Netflix. Harga langganan Disney Plus Hotstar di Indonesia sendiri mulai dari Rp 39 ribu untuk satu bulan dan Rp 199 ribu untuk 12 bulan.
Harganya bisa lebih murah lagi melalui paket khusus yang ditawarkan oleh Telkomsel mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 139 ribu. Sementara harga langganan Netflix dimulai dari Rp 54 ribu hingga Rp 186 ribu per bulan.