kumparan
15 September 2019 18:45

Oktober 2019, Apple Rilis Sistem Operasi Baru MacOS Catalina

Keyboard laptop Apple MacBook Pro
Keyboard laptop Apple MacBook Pro. Foto: Luis Quintero via Pexels
Setelah memperkenalkan trio iPhone 11 pada Selasa (10/9) lalu, Apple langsung bergerak mempersiapkan peluncuran sistem operasi baru untuk komputer Mac, yakni MacOS Catalina.
ADVERTISEMENT
Melalui situs web resminya, Apple mengungkap MacOS Catalina akan mulai tersedia pada Oktober 2019 mendatang. Sayang, mereka tidak menyebut tanggal spesifik.
MacOS Catalina sebenarnya sudah memasuki masa pengujian beta selama pertengahan tahun ini. Nantinya, sistem operasi baru ini akan membawa beberapa fitur baru dan perubahan di dalam perangkat Macintosh.
iMac Pro
iMac Pro. Foto: Apple
Perubahan pertama yang tampak signifikan adalah keberadaan aplikasi khusus untuk Musik, Podcast, dan TV. Sebelumnya, pengguna hanya bisa mengakses layanan tersebut melalui iTunes.
Selain itu, Apple juga memberikan pembaruan pada fitur Photos di MacOS Catalina, yang kini punya banyak fungsi mirip Photos versi iOS 13. Nantinya, pengguna dapat mencari foto berdasarkan hari, bulan, dan tahun, serta ada kecerdasan buatan yang akan kurasi foto terbaik yang ada.
ADVERTISEMENT
Fitur baru yang berfokus pada aksesibilitas bernama Voice Control juga akan menghadirkan pengalaman navigasi yang lebih menarik. Pasalnya, fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat Mac melalui perintah suara.
Laptop Apple MacBook Pro
Laptop Apple MacBook Pro. Foto: Caio Resende via Pexels
Pembaruan versi MacOS terbaru ini juga akan membawa integrasi yang lebih baik antara perangkat Mac dan iPad. Nantinya, pengguna dapat memfungsikan iPad mereka sebagai layar kedua melalui fitur Sidecar.
Tidak hanya itu, macOS Catalina juga menghadirkan fitur Project Catalyst. Dengan fitur ini pengguna dapat mengakses aplikasi mereka di iPad ke desktop.
Apple juga sudah mengungkap perangkat Mac apa saja yang kebagian update MacOS Catalina. Mereka adalah MacBook (2015 dan setelahnya), MacBook Air (2012 dan setelahnya), MacBook Pro (2012 dan setelahnya), iMac (2012 dan setelahnya), iMac Pro (2017 dan setelahnya), Mac Pro (2013 dan setelahnya), dan Mac Mini (2012 dan setelahnya). Adapun pengguna dapat mengunduh pembaruan MacOS Catalina di Mac App Store.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan