kumparan
21 Januari 2020 14:31

5 Hal Unik yang Cuma Bisa Kamu Temukan Saat Traveling di Indonesia

Ilustrasi ayunan di Bali
Ilustrasi ayunan di Bali Foto: Shutter Stock
Traveling ke Indonesia enggak kalah keren dengan jalan-jalan ke luar negeri, lho. Walaupun di Indonesia enggak ada salju atau oppa-oppa Korea, Bumi Pertiwi masih punya beragam keunikan yang cuma bisa ditemukan di dunia.
ADVERTISEMENT
Mulai dari Pulau Komodo dengan spesies biawaknya yang langka hingga tradisi dan budayanya yang sungguh memikat. Dengan traveling ke destinasi-destinasi Indonesia, kamu bisa jadi lebih mengenal kekayaan tanah airmu sendiri.
Mau tahu apa saja keunikan Indonesia yang enggak bisa kamu temukan di negara lainnya?
  1. Komodo
Komodo di Pulau Komodo, NTT
Komodo di Pulau Komodo, NTT Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Varanus Komodoensis atau yang lebih populer dikenal sebagai komodo cuma bisa kamu temukan di Indonesia. Enggak sembarangan, spesies reptil raksasa ini cuma bisa dijumpai di Taman Nasional Komodo.
Taman Nasional Komodo merupakan kawasan konservasi yang terdiri dari Pulau Komodo, Rinca, Padar, Gili Motang, Nusa Kode, dan berbagai pulau kecil lainnya. Destinasi ini bukan cuma jadi satu-satunya saja di dunia, tetapi juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Bikin bangga, kan!
ADVERTISEMENT
  1. Bunga Terbesar di Dunia
Ilustrasi bunga Rafflesia arnoldii
Ilustrasi bunga Rafflesia arnoldii Foto: REUTERS/Jeremy Holden/Harvard University/Handout
Bunga bangkai Rafflesia Arnoldi mungkin dulu lebih sering kamu temukan di buku mata pelajaran IPA. Tetapi dengan traveling ke Bukit Barisan Selatan di Lampung, kamu bisa, lho, melihat sendiri wujud bunga terbesar di dunia ini.
Rafflesia Arnoldi memiliki berat hingga 10 kilogram. Bunga yang mengeluarkan bau seperti daging busuk itu tumbuh di Plot Sampel Permanen (PSP) Bunga Padma Resort Sukaraja Atas, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Sumatera Barat.
  1. Candi Buddha Terbesar di Dunia, Borobudur
Waisak, Candi Borobudur, Jawa Tengah
Pengunjung menerbangkan lampion perdamaian saat perayaan Waisak 2563 BE/2019 di Taman Lubini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Armoko
Indonesia bukan cuma dikenal karena keragaman lanskap alam dan kekayaan biota lautnya, tapi juga budaya dan peninggalan sejarah. Salah satu di antaranya adalah candi Buddha terbesar dunia yang juga menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, yakni Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Kompleks candi abad ke-8 ini pernah menjadi bagian dari daftar tujuh keajaiban dunia hingga tahun 2007. Candi Borobudur berisi ribuan patung yang menggambarkan kisah hidup Sang Buddha, lengkap dengan relief yang memikat di dinding-dinding batunya.
  1. Ritual Pemakaman Bernilai Miliaran Rupiah di Toraja
KOTEN SPESIAL TRAVEL RAMBU SOLO TORAJA
Tradisi Rambu Solo di Toraja. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Masyarakat Toraja mengenal sebuah tradisi pemakaman bernama Rambu Solo. Dalam Rambu Solo, keluarga dengan kasta tinggi seperti bangsawan atau memiliki kondisi ekonomi yang mumpuni biasanya akan mengorbankan puluhan kerbau dan babi untuk melakukan pemakaman.
Ritual ini bisa memakan biaya yang sangat tinggi hingga mencapai miliaran rupiah. Sebab, setiap kerbau memiliki nilai jualnya masing-masing dalam adat. Salah satunya adalah kerbau dengan corak khusus bernama saleko. Seekor kerbau saleko bahkan bisa dihargai ratusan juta rupiah.
ADVERTISEMENT
  1. Cap Go Meh dengan Atraksi Tatung di Singkawang
Cap Go Meh, Tatung
Atraksi tatung saat Festival Cap Go Meh. Foto: ADEK BERRY / AFP
Cap Go Meh adalah momen memperingati hari ke-15 setelah Tahun Baru China. Di Singkawang, Kalimantan Barat, Cap Go Meh dilakukan secara meriah. Bukan cuma ibadah dan perayaan berupa atraksi naga dan barongsai semata.
Lebih dari itu, Cap Go Meh di Singkawang juga dilengkapi dengan parade seru bersama dengan tatung. Tatung-tatung itu akan berparade sambil menusuk dirinya dengan benda-benda tajam.
Keunikan Cap Go Meh ini hanya bisa kamu temukan di Singkawang, karena Cap Go Meh di negara asalnya tidak menggunakan tatung dalam perayaannya.
Gimana, sudah tahu mau traveling ke mana menghabiskan cuti tahun ini?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan