kumparan
3 Jul 2018 12:29 WIB

5 Ide Mahar Anti-mainstream untuk Traveler yang Ingin Menikah

Ilustrasi traveler yang menikah. (Foto: Pixabay)
Menikah menjadi salah satu momen terbaik dalam hidup setiap orang.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tidak? Di momen tersebut setiap pasangan berjanji untuk selalu setia dan menjaga komitmen mereka. Hal inilah yang membuat setiap orang mengusahakan yang terbaik saat menyiapkan pernikahan mereka, termasuk dalam hal memberikan mas kawin atau yang dikenal juga sebagai mahar.
Ilustrasi Mas Kawin (Foto: shutterstock)
Mahar sendiri merupakan pemberian dari pihak pria kepada wanita yang akan dinikahinya. Umumnya, mahar terdiri dari emas, uang, dan seperangkat alat salat.
Namun, jika kamu mempunyai pasangan seorang traveler, atau kalian berdua senang traveling dan ingin membuat pernikahan menjadi momen unik serta tak terlupakan, lima pilihan mahar ini bisa kamu pertimbangkan. Apa saja?
1. Tas gunung atau carrier couple
Ilustrasi tas gunung. (Foto: Pixabay)
Jika kamu dan pasangan merupakan orang yang cinta dengan alam serta senang mendaki gunung, mungkin bisa pertimbangkan untuk menjadikan tas gunung sebagai mahar. Hal ini juga yang pernah dilakukan oleh pasangan traveler Danu dan Nira yang menikah di Malang pada 2017 lalu.
ADVERTISEMENT
Beberapa merek, seperti Eiger, Consina, Deuter, dan The North Face bisa menjadi pilihan barang untuk mahar. Berbagai merek tersebut bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 jutaan.
Loading Instagram...
Pilihan ini bukan hanya bisa menyenangkan kamu dan pasangan, tetapi juga dapat dimanfaatkan saat hendak berbulan madu di alam terbuka, seperti mendaki gunung.
Loading Instagram...
Pendakiannmu pasti akan terasa semakin romantis. Jangan lupa untuk berburu foto dan mengunggahnya di media sosial.
2. Seperangkat alat selam
Scuba diving di Painemo (Foto: Instagram scubadiving_indonesia)
Peralatan selam juga bisa dijadikan mahar di momen spesialmu, apabila kamu dan pasangan punya hobi menyelam. Bermodal alat diving tersebut, kamu bisa langsung merencanakan bulan madu dengan menyelami spot-spot diving terbaik di Indonesia. Menjelajah Sabang hingga Raja Ampat pun terasa semakin menyenangkan.
Ilustrasi peralatan diving (Foto: shutterstock)
Tak perlu beli peralatan yang berat atau terlalu mahal. Fin, wetsuit, drysuit, dan mask bisa kamu pilih untuk melengkapi mas kawin.
ADVERTISEMENT
3. Tiket traveling
Ilustrasi bulan madu di alam. (Foto: Pixabay)
Pecinta traveling pastinya memiliki negara tertentu yang sangat diidam-idamkan. Memberikan tiket traveling menuju negara yang masuk ke dalam bucket list pasangan kamu pasti mampu menjadikan momen pernikahanmu semakin berkesan.
Ilustrasi tiket traveling. (Foto: Pixabay)
Kamu bisa siapkan tiket PP dan penginapan bagi pasangan, sisanya biar ia yang mengatur rencana perjalanannya sendiri. Sehingga, ia bisa menikmati masa-masa terakhirnya dengan jalan-jalan sendirian, sebelum akhirnya menghabiskan hidup berdua dengan kamu.
4. Sepatu untuk traveling
Couple shoes. (Foto: Pixabay)
Salah satu modal utama saat traveling adalah kaki. Dengan kaki yang kuat, kamu bisa berjalan-jalan sejauh yang kamu mau saat menyambangi negara tujuan.
Selain itu, agar jalan-jalan semakin nyaman, kamu mesti menggunakan alas kaki yang nyaman untuk segala medan. Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan sepatu sebagai mahar.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa membelikannya sepatu gunung yang sudah lama jadi incarannya atau sneakers dengan alas tebal yang bisa nyaman dipakai berjalan dalam waktu yang lama.
Ilustrasi sepatu traveling. (Foto: Pixabay)
Namun, sebelum membeli sepatu, pastikan kamu sudah tahu model yang ia suka dan berapa ukuran kakinya, agar terhindar dari kesalahan membeli.
Kamu juga bisa membeli sepati dengan model yang sama, sehingga dapat dipakai saat berlibur bersama. Dijamin hal ini akan membuat orang lain yang melihatnya merasa iri.
5. Perangkat kamera dan lensanya
Kamera untuk mas kawin (Foto: shutterstock)
Berburu foto saat traveling memang menjadi salah satu kewajiban. Karena kesempatan berkunjung ke negara atau kota impian tersebut mungkin tidak terjadi dua kali. Selain untuk mengabadikan kenangan, berfoto saat traveling bisa membuat kamu tidak kehabisan stok foto untuk dipamerkan di media sosial.
ADVERTISEMENT
Apalagi, wanita pada umumnya senang dengan foto. Memberikan perangkat kamera beserta dengan lensa tambahan dan tasnya sebagai mas kawin bisa kamu pertimbangkan.
Equipment (Foto: Picjumbo)
Meski kamera tersebut diberikan pada pasanganmu, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya juga, kan? Karena kamu dan pasangan bisa menggunakan kamera tersebut saat traveling bersama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan