kumparan
10 Okt 2019 7:34 WIB

5 Kota di Eropa yang Makin Muslim Friendly

Ilustrasi wisatawan muslim Foto: Shutter Stock
Negara-negara di Eropa menjadi sederet destinasi wisata yang diimpikan oleh banyak traveler. Sayangnya, bagi traveler Muslim, mengunjungi negara-negara tersebut kadang kala menimbulkan rasa khawatir karena terkendala soal ketersediaan makanan halal. Maklum, di negara-negara Eropa, Muslim bukan merupakan agama mayoritas,
ADVERTISEMENT
Namun, sejatinya banyak negara yang ternyata sudah Muslim friendly, lho. Baru-baru ini, Agoda, salah satu platform perjalanan digital, merilis daftar kota di Eropa yang bisa dikunjungi traveler Muslim tanpa khawatir soal menu makanannya. Kota-kota tersebut menawarkan beragam pilihan makanan halal dan berbagai pilihan aktivitas yang dapat kamu dilakukan.
Lantas, kota mana sajakah yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya.
London, Inggris
Camden Market, London Foto: Shutter Stock
London tidak hanya terkenal akan seni dan galerinya, tetapi juga situs-situs wisatanya yang ternama dan bersejarah, misalnya Istana Buckingham dan Gedung Parlemen.
Dengan lebih dari 1 juta Muslim yang bermukim di London, kota ini bisa jadi merupakan kota paling ramah bagi umat Islam di Eropa. Makanan halal dapat ditemukan di hampir setiap sudut jalanan dan dari setiap bagian dunia Muslim, termasuk masakan Pakistan, India, Arab, dan Afrika.
ADVERTISEMENT
Pilihan restorannya termasuk Liman Restaurant yang terkenal dengan masakan Arabnya, Stax Diner di Carnaby Street yang menawarkan burger dan wafel halal ala Amerika, dan Pie Republic untuk mencoba versi halal dari pai Inggris yang tersohor itu.
Wina, Austria
Wina, ibu kota Austria Foto: Pixabay
Wina, ibu kota Austria, merupakan kota terbesar di negara Eropa yang kaya budaya. Kota ini dianggap sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia. Dengan warisan musik klasik yang telah berlangsung selama ratusan tahun, Wina menawarkan beragam atraksi dan aktivitas untuk seluruh keluarga.
Di sini, kamu bisa menikmati taman-taman yang indah, kebun binatang tertua di dunia, tempat-tempat belanja terbaik, konser klasik, masjid-masjid yang menawan, serta pilihan makanan halal yang lezat mulai dari santapan kasual hingga hidangan mewah. Kamu bisa mengunjungi Turkis Oriental Food dan Daily Imbiss, restoran halal yang wajib kamu cantumkan dalam rencana perjalananmu.
ADVERTISEMENT
Roma, Italia
Colosseum di Roma, Italia yang megah Foto: Shutter Stocks
Ibu kota Italia, Roma, adalah kota yang terkenal dengan artefak kuno dan monumen bersejarah yang berusia berabad-abad. Kota ini harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Mulai dari Colosseum yang menakjubkan hingga The Roman Forum, dari Air Mancur Trevi hingga Museum Vatikan, terdapat arsitektur dan seni yang menawan di setiap tempat.
Selain wisata sejarah, Roma juga menawarkan berbagai macam restoran halal, dan bahkan camilan lezat seperti gelato Italia yang terkenal. Bagi kamu yang berkunjung ke Roma, sempatkan lah untuk mampir ke salah satu kedai gelato halal yang sepenuhnya menggunakan bahan-bahan alami yaitu Frigidarium. Di sini kamu bisa menikmati beragam rasa gelato.
Paris, Prancis
Menara Eiffel di Paris, Prancis. Foto: Pixabay
Sebagai rumah bagi Menara Eiffel, salah satu tempat wisata paling terkenal di dunia, Paris adalah lokasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Sebab di kota ini ada begitu banyak hal untuk dilihat, dinikmati, dan dicicipi. Di sini kamu bisa menjelajahi jalanan yang menawan, mengunjungi museum seperti Louvre atau Sacre-Ceour Basilica yang terkenal dengan arsitekturnya yang memukau, atau menemukan kue-kue pastri paling enak.
ADVERTISEMENT
Paris memiliki komunitas Muslim yang mapan sehingga tidak mengherankan jika kota ini menawarkan lebih dari 100 restoran halal, mulai dari hidangan mewah hingga takeaway sederhana. Dua restoran halal yang sangat ramah dan patut dikunjungi adalah Kashmir House yang menyajikan masakan Pakistan yang lezat, dan Sizin untuk mencicipi hidangan Turki.
Amsterdam, Belanda
Overtourism di Amsterdam Foto: Shutter Stock
Dengan perpaduan indah dari bangunan bersejarah dan arsitektur kontemporer, Amsterdam adalah kota terbaik untuk berjalan kaki, bersepeda, dan berperahu di sepanjang kanal.
Ibu kota Belanda ini adalah rumah bagi komunitas Muslim yang besar mengingat Islam adalah agama terbesar kedua di negara ini. Sehingga mencari tempat makan yang halal sangatlah mudah. Misalnya Grillroom Shoarma dan Bazaar Amsterdam, kedua restoran tersebut menawarkan beragam pilihan makanan halal yang lezat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan