kumparan
14 Februari 2020 7:26

Alasan Mengapa Pesawat Mengeluarkan Banyak Suara Sebelum Lepas Landas

Pesawat Garuda Bombardier CRJ 1000 NG
Pesawat Garuda Bombardier CRJ 1000 NG. Foto: Shutter Stock
Boarding pass sudah tersimpan di tempat yang aman. Posisi duduk sudah sesuai dengan yang ditempati. Pramugari pun telah selesai memberikan instruksi keselamatan. Captain akan segera bersiap untuk menerbangkan pesawat dan tak lama lagi lepas landas.
ADVERTISEMENT
Saat menjelang lepas landas kamu tentu sering mendengar bahwa pesawat akan mengeluarkan banyak suara bukan? Ya, hal tersebut ternyata membuat sebagian orang bertanya-tanya.
Tapi jangan khawatir itu semua ternyata bagian dari prosedur ketika pesawat akan diterbangkan. Dilansir Travel and Leisure, suara-suara yang kamu dengar tersebut ternyata proses pengecekan instrumen keselamatan sebelum pesawat lepas landas.
Ilustrasi, Bandara, Pesawat, Bali, I Gusti Ngurah Rai
Sebuah pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pertama, kamu mungkin mendengar suara dengung yang terkadang tiba-tiba muncul saat pesawat sedang melintas di runway. Ini sebenarnya adalah unit daya bantu pesawat, yang menjaga sistemnya tetap beroperasi saat mesin utama mati.
Faktanya, sebagian besar pesawat terhubung ke sistem listrik dan udara untuk menghemat gas. Itu bagus, karena gas sangat penting saat pesawat berada di udara.
ADVERTISEMENT
Ketika kamu melihat pintu pesawat tertutup, lampu yang berkedip dan aliran udara berubah. Hal tersebut adalah berubahnya sistem tambahan ke sistem utama pesawat untuk penerbangan
Ilustrasi, Bandara, Pesawat, Bali, I Gusti Ngurah Rai
Pesawat udara berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: Antara/Fikri Yusuf
Sederhananya, hal tersebut sama seperti pertama kali kamu menyalakan komputer atau laptop. Kamu akan mendengar suara hardisk yang menyala ataupun kipas laptop yang mengeluarkan udara.
Sementara itu menurut Aviation Safety Network, tahun 2017 merupakan tahun paling aman dalam dunia penerbangan. Jadi, ketika kamu mendengar satu atau dua suara sebelum lepas landas, ingatlah hal tersebut merupakan salah satu prosedur keamanan dalam sebuah penerbangan.
Bagimana, sudah siap untuk traveling menggunakan pesawat terbang?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan