Food & Travel
·
9 Juni 2021 8:01
·
waktu baca 2 menit

Bergulat dengan Penyusup, Pramugara Ini Berhasil Gagalkan Aksi Pembajak Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bergulat dengan Penyusup, Pramugara Ini Berhasil Gagalkan Aksi Pembajak Pesawat (41416)
Ilustrasi pesawat Delta Airlines Foto: Shutterstock
Umumnya, pembajakan pesawat terjadi oleh ulah oknum tak bertanggung jawab yang menyamar sebagai penumpang atau menyelinap masuk ke area kabin. Mereka sengaja menyusup, menyandera, atau sekalian menaruh bahan peledak untuk menewaskan seluruh penumpang pesawat.
ADVERTISEMENT
Dari sekian banyak insiden pembajakan pesawat yang terjadi, ada beberapa aksi yang gagal dilakukan. Salah satunya adalah insiden pembajakan pesawat milik maskapai Delta Airlines.
Dilansir Fox News, seorang penumpang dalam penerbangan maskapai Delta dari Los Angeles ke Nashville, Amerika Serikat, tiba-tiba menerobos kokpit dan membajak pesawat tersebut.
Beruntung, aksi tersebut berhasil digagalkan oleh awak kabin pesawat Delta Flight 386, yang dengan cepat dapat menangani dan mengikat pria itu sebelum ada yang terluka. Aksi itu direkam oleh salah satu penumpang dan tersebar di media sosial Twitter.
Dalam video itu, seorang awak kabin berseragam Delta melakukan baku hantam dengan seorang pria yang diduga tersangka pembajakan. Video tersebut juga memperlihatkan bahwa pramugara itu berhasil mengikat tangan tersangka di belakang punggungnya.
ADVERTISEMENT
“Awak pesawat, saya menghormati kalian!'' bunyi caption pada video tersebut.
Seorang pengguna dengan akun @NoKapRich juga membagikan foto pramugara Delta itu tengah duduk dengan tangan dirapatkan dan kepala menunduk. Video itu pun mendapat respons positif dari warganet dan menyebut awak kabin itu harus mendapat penghargaan.
“Pria ini butuh penghargaan. Ia (awak kabin) baru saja menyelamatkan pesawat,” tulis warganet.
Bergulat dengan Penyusup, Pramugara Ini Berhasil Gagalkan Aksi Pembajak Pesawat (41417)
Delta Airlines Foto: Shutter Shock
Peristiwa percobaan pembajakan pesawat Delta tersebut terjadi pada Jumat 4/6) lalu. Akibatnya, penerbangan rute Los Angeles-Nashville harus dialihkan pendaratannya ke Albuquerque, New Meksiko, dan polisi bandara langsung menahan tersangka.
“Maskapai kemudian menyerahkan tersangka ke FBI," kata pihak berwenang.
FBI Albuquerque mengatakan tidak ada ancaman aktif terhadap publik terkait kejadian tersebut. Dalam sebuah pernyataan, Delta Airlines tidak memberikan perincian insiden dalam penerbangan atau mengkonfirmasi penumpang mencoba melanggar kokpit.
ADVERTISEMENT
Juru bicara Delta Airlines Anthony Black, mengatakan Penerbangan 386 mendarat tanpa insiden di Albuquerque. Namun, Anthony mengatakan bahwa ia salut kepada awak kabin yang berhasil mengadang aksi ''nakal'' seorang penumpang di dalam pesawat.
Sementara itu, pesawat Boeing 737-900 Delta Airlines membawa 162 penumpang dan enam awak. Penerbangan kembali lepas landas sekitar pukul 20.15 waktu setempat dan menyelesaikan perjalanan ke Nashville pada tengah malam.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).