kumparan
search-gray
Food & Travel18 Maret 2020 10:26

Danau Tamblingan, Alternatif Tempat Wisata di Bali Bagi Pencari Ketenangan

Konten Redaksi kumparan
Danau Tamblingan
Sebuah keluarga tengah mengarungi danau menuju Pura Tamblingan Foto: Shutter Stock
Bali memang tak pernah gagal menghipnotis para pelancong dengan suguhan destinasi wisatanya yang ciamik. Salah satu nilai jual Bali yang terkenal di dunia adalah pantainya yang indah, dan menjadi surga bagi para pemburu vitamin sea.
ADVERTISEMENT
Namun, sebenarnya Bali tak cuma punya pantai-pantai yang indah, lho. Ada banyak destinasi wisata religi yang menarik dan unik untuk kamu kunjungi. Salah satunya di antaranya adalah Danau Tamblingan.
Danau Tamblingan menyuguhkan keindahan alam yang apik. Kamu bisa menikmati suasana danau yang alami sambil menghirup udara segar dan sejuk yang berasal dari hutan lebat di sekitarnya.
Suasana yang menenangkan di tempat ini, enggak bisa kamu ragukan. Apalagi ketika merasakan semilir angin dari pepohonan yang saling bergesekan. Bikin enggak mau pulang.
Pegunungan dan perairan yang menyatu menjadi daya tarik sendiri dari danau ini. Selain itu, Danau Tamblingan juga merupakan satu dari tiga danau kembar hasil dari letusan kaldera di masa lampau.
Danau Tamblingan
Megahnya Danau Tamblingan dilihat dari ketinggian Foto: Shutter Stock
Konon, dulu danau ini merupakan pemukiman penduduk Gunung Lesung. Tapi kemudian mereka memutuskan untuk pindah. Walau begitu, secara berkala, para penduduk akan datang bergantian untuk berkunjung dan merawat danau tersebut.
ADVERTISEMENT
Danau Tamblingan dikelilingi dengan beberapa pura suci seperti Pura Endek, Pura Gubug, Pura Naga Loka, dan lain-lain. Sehingga bagi kamu yang beragama Hindu, kamu bisa menyempatkan diri beribadah dan memanjatkan doa di sana.
Sementara buat kamu yang hanya ingin jalan-jalan dan mengeksplorasi, kamu juga diperkenankan, kok, memasuki kawasan pura. Asalkan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah.
Untuk bisa masuk ke Danau Tamblingan, kamu cukup menyiapkan dana sebesar Rp 10 ribu saja untuk tiket masuk. Setelah sampai dalam, kamu bisa berkeliling danau dengan perahu atau menikmati fasilitas camping ground yang disediakan. Tentunya dengan harga yang berbeda pula.
Tertarik berkunjung ke tempat wisata di Bali yang satu ini?
ADVERTISEMENT
Laporan Hutri Dirga Harmonis