kumparan
4 Desember 2019 14:03

Dukung Wisata Danau Toba, Tapanuli Utara Akan Kembangkan Agrowisata

Danau Toba
Pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang, Tapanuli Utara. Foto: Andari Novianti/kumparan
Ketika berlibur ke Sumatera Utara, bisa dipastikan yang ada di benakmu adalah mengunjungi Danau Toba. Apalagi, sekarang ini danau terbesar hasil letusan gunung berapi itu dikenal sebagai "Bali Baru" yang masuk 10 destinasi wisata prioritas.
ADVERTISEMENT
Tapi tak hanya Danau Toba, Tapanuli Utara menyimpan banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, karena kekayaan alam yang dimilikinya, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan ingin mengembangkan agrowisata di daerah tersebut.
Bupati Tapanuli Utara
Drs. Nikson Nababan, Bupati Tapanuli Utara Foto: Erwin Gumilar
“Kita punya Danau Toba, itu di muara, Huta Ginjang dengan pemandangannya, kita akan fokus di agrowisata karena kita masih punya hutan yang bagus-bagus,” ujar Nikson saat ditemui kumparan beberapa waktu lalu.
Selain memiliki danau terbesar kedua di dunia, Nikson pun menambahkan, Tapanuli Utara menyimpan potensi wisata yang tidak dimiliki negara lain.
Contohnya saja di Huta Ginjang, salah satu destinasi wisata untuk menikmati pemandangan Danau Toba. Lokasinya terletak pada ketinggian 1.555 meter di atas permukaan laut (mdpl).
Danau Toba
Wisatawan melihat pemandangan Danau Toba dari Huta Ginjang, Tapanuli Utara. Foto: Andari Novianti/kumparan
Dari Huta Ginjang, wisatawan dapat melihat keindahan Danau Toba dan perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon pinus. Wisatawan juga bisa menikmati permainan gantole atau layang gantung.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, Tapanuli Utara juga menjadi salah satu kabupaten penghasil sekitar 70 persen nanas di indonesia. Tapanuli Utara memiliki perkebunan nanas terluas di dunia yang terletak di Desa Onan Runggu 1, Kecamatan Sipahutar, Tapanuli Utara.
Di sini wisatawan dapat melihat dan merasakan langsung sensasi memetik nanas. Selain itu, juga dapat menikmati nanas super manis. Oleh sebab itu, dengan kekayaan alam yang ada, Bupati Tapanuli Utara pun optimis untuk mengembangkan agrowisata di daerahnya.
“Konsepnya kita mau buat Tapanuli Utara mau wisata alam, rohani, dan agrowisata,” pungkas Nikson.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan