Libur Mendaki Dulu, Ini Daftar Gunung di Indonesia yang Ditutup Sementara

20 Maret 2020 16:32
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Libur Mendaki Dulu, Ini Daftar Gunung di Indonesia yang Ditutup Sementara (51081)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi seseorang mendaki gunung Foto: Shutterstock
Gunung masih menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk menghabiskan liburan, terutama mereka yang gemar wisata alam. Namun, virus corona yang masih mewabah di Indonesia membuat beberapa tempat wisata ditutup untuk sementara, tak terkecuali gunung-gunung di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Oleh sebab itu, libur mendaki dulu, ya.
Berikut daftar gunung di Indonesia yang ditutup sementara, karena corona yang berhasil kumparan rangkum.

1. Gunung Bromo

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) resmi menutup sementara seluruh objek wisata di kawasan Gunung Bromo. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima kumparan, penutupan tesebut dilakukan pada tanggal 19 Maret 2020 pukul 00.01 WIB sampai dengan 31 Maret 2020. Penutupan tersebut juga dibenarkan Humas TNBTS, Syarif Hidayat.
"Iya, benar ditutup. Wisatawan wajib untuk hormati dan taati kebijakan yang diambil untuk membatasi penyebaran COVID-19," kata Syarif, saat dihubungi kumparan, Jumat (20/3).
ADVERTISEMENT
Syarif mengimbau masyarakat untuk melakukan pola hidup sehat sesuai dengan arahan pemerintah.
"Kepada petugas untuk melakukan PHS atau Pola Hidup Sehat dan penerapan WFH (Work From Home) dan tetap melakukan aktivitas rutin kerja untuk pelayanan yang optimal," imbuh Syarif.

2. Gunung Merbabu

Selanjutnya adalah Gunung Merbabu yang juga ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona. Penutupan Gunung Merbabu dilakukan mulai tanggal 15 Maret 2020 pukul 18.00 WIB selama 14 hari ke depan.
Kepala Taman Nasional Gunung Merbabu, Junita Parjanti, mengatakan penutupan ini dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor:440/0005942 pada 14 Maret 2020, tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) di tempat-tempat umum.
ADVERTISEMENT
"Iya benar, penutupan sementara menindaklanjuti SE Gubernur Jateng terkait COVID-19. Penutupan selama 14 hari ke depan," kata Junita kepada kumparan.

3. Gunung Andong

Selain Gunung Merbabu, Gunung Andong juga ditutup sementara bagi wisatawan guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Penutupan Gunung Andong sendiri dilakukan per 15 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Gunung yang terletak di perbatasan Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian mencapai 1.726 mdpl. Gunung Andong sendiri dikenal sebagai salah satu gunung favorit bagi para pendaki pemula.

4. Gunung Sindoro

Berikutnya Gunung Sindoro juga menjadi salah satu gunung di Indonesia yang ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona. Penutupan di gunung tersebut dilakukan terhitung tanggal 17 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
ADVERTISEMENT
Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang menjadi favorit bagi para pendaki untuk disinggahi. Adapun, gunung tersebut memiliki empat jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki untuk mencapai puncak, yaitu jalur pendakian via Kledung, Sikatok, Bansari, dan Alang-Alang Sewu.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani menambah panjang daftar gunung di Indonesia yang harus ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Penutupan Gunung Rinjani telah dilakukan sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga 14 hari ke depan.
Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Dedy Asriadi, mengatakan penutupan tersebut dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona.
"Iya ditutup sementara selama 14 hari ke depan," kata Dedy.
Gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) di Lombok, Nusa Tenggara Barat, itu merupakan salah satu primadona pendaki. Selain panorama alamnya, Gunung Rinjani juga terkenal dengan Kawah Segara Anak-nya yang memukau.
ADVERTISEMENT

6. Gunung Prau

Salah satu gunung di Jawa Tengah yang terkenal akan keindahannya, yaitu Gunung Prau juga ditutup sementara akibat corona. Gunung Prau ditutup mulai 17 Maret 2020 hingga batas waktu yang belum ditentukan.
Gunung Prau merupakan salah satu primadona pendaki yang ingin menikmati indahnya Jawa Tengah. Eksotisme gunung yang menyajikan golden sunrise mempesona ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan.

7. Gunung Lawu

Terakhir, gunung yang ditutup sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona adalah Gunung Lawu. Penutupan dilakukan pada tanggal 16 Maret hingga 31 Maret 2020.
Gunung bertipe stratovolcano (gunung berapi kerucut) dengan ketinggian 3.265 mdpl ini menjadi salah satu gunung yang wajib disambangi pendaki.
Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, liburan untuk mendaki dulu, ya.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020