Food & Travel
·
16 Agustus 2018 9:03

Mulai dari Payung hingga Sup Ikan, Uniknya Vending Machine di Jepang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mulai dari Payung hingga Sup Ikan, Uniknya Vending Machine di Jepang (106620)
Vending Machine Uniqlo (Foto: Dok. Uniqlo)
Dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya, Jepang sepertinya memiliki penduduk yang sangat senang dengan hal-hal instan. Penduduk Jepang sangat terbiasa dengan kehadiran vending machine untuk menunjang kemudahan dalam kehidupan mereka.
ADVERTISEMENT
Jika kita terbiasa dengan vending machine yang menjual minuman di Indonesia, Jepang punya lebih dari itu. Bukan sekadar makanan dan minuman semata, Jepang memiliki beragam vending machine yang menjual barang-barang unik. Mulai dari payung, pakaian dalam, hingga sup ikan terbang bisa kamu temui di Jepang.
Penasaran? Yuk, simak!
1. Bahan Makanan
Kamu mungkin terbiasa melihat cara kerja vending machine yang menjual minuman. Biasanya minuman kaleng akan dijatuhkan ke dalam tempat pengambilan, tetapi terbayang kalau benda yang dijatuhkan berupa bahan makanan yang rentan penyok, seperti telur atau stroberi?
Karena ternyata Jepang memiliki vending machine yang menjual telur dan stroberi. Meski cara penggunaannya dan kerja mesinnya sama, vending machine jenis ini pasti memiliki standar tersendiri untuk memastikan barang yang dijual tidak cacat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya telur dan stroberi saja, vending machine di Jepang juga menjual ikan terbang dalam kemasan. Meski tidak dapat kamu konsumsi secara langsung, ikan terbang dalam kemasan tersebut bisa menghemat waktu kamu dalam menyiapkan makanan.
2. Payung
Bagi penduduk Jepang, cuaca buruk seperti hujan, matahari terik, atau salju sepertinya bukan masalah yang besar. Karena mereka punya vending machine yang menjual payung. Kamu bisa membeli payung dari mesin ini menggunakan uang tunai atau kartu kredit.
Yang menarik lagi, melihat kebutuhan payung yang cukup tinggi, Jepang bahkan menghadirkan vending machine berisi payung yang dapat dipinjam. Jadi kamu tidak mesti membeli payung, hanya saja setelah dipakai, kamu harus mengembalikan payung ke mesin serupa.
ADVERTISEMENT
3. Aksesoris untuk Binatang Peliharaan
Para pecinta hewan, khususnya yang memiliki binatang peliharaan biasanya senang mendandani peliharaanya.
Bisa dengan menggunakan penutup kepala, topi, dan pakaian dengan motif atau warna yang menarik. Di Jepang, ada vending machine yang menyediakan aksesoris tersebut, sehingga kamu tidak mesti repot mencari toko yang menjual aksesoris hewan.
4. Pakaian Dalam Wanita
Salah satu vending machine terunik yang bisa kamu temukan di Jepang adalah pakaian dalam 'bekas'. Sebenarnya pakaian dalam yang dijual ini masih baru dan belum pernah dipakai. Hanya saja masyarakat Jepang membubuhkan kata 'bekas' untuk menarik perhatian wisatawan.
5. Mainan
Penduduk Jepang sangat senang dengan action figure atau kartun. Kesenangan ini bertahan bahkan hingga mereka dewasa. Bukan cuma itu, kesenangan terhadap mainan diturunkan hingga ke anak cucu mereka. Mulai dari mainan tradisional bernilai budaya, yaitu origami, boneka, hingga action figure hadir dalam vending machine di Jepang.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, Jepang bahkan memiliki vending machine dengan cara kerja layaknya lotere.
Kamu cukup memasukkan uang saja, nantinya hasil yang didapatkan tergantung pada keberuntungan yang kamu miliki.
Berminat ke Jepang dan mencoba vending machine-nya?