Food & Travel
·
9 Juni 2021 18:02
·
waktu baca 2 menit

Pendakian Gunung Merbabu Buka Lagi 14 Juni 2021, Begini Cara Booking Tiketnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pendakian Gunung Merbabu Buka Lagi 14 Juni 2021, Begini Cara Booking Tiketnya (176774)
searchPerbesar
Pesona sunrise di Gunung Merbabu Foto: Shutter Stock
Setelah ditutup hampir setahun, jalur pendakian di Gunung Merbabu akan segera dibuka kembali mulai Senin, 14 Juni 2021. Pembukaan kembali gunung tersebut diumumkan dalam akun Instagram resmi Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) @btn_tn_merbabu.
ADVERTISEMENT
"#SobatMerbabu yang sudah sangat rindu dan ingin mendaki Gunung Merbabu, terhitung mulai tanggal 14 Juni 2021 jalur pendakian Gunung Merbabu akan dibuka kembali," tulisnya.
Pendakian Gunung Merbabu Buka Lagi 14 Juni 2021, Begini Cara Booking Tiketnya (176775)
searchPerbesar
Puncak Gunung Merbabu dinaungi awan berbentuk topi. Foto: Instagram @johanjacob_oki
Dari lima jalur pendakian ke Gunung Merbabu, hanya dua yang masih ditutup untuk para pendaki. Di antaranya adalah jalur pendakian Thekelan dan Cuntel.
"Sementara sesuai dengan Instruksi Bupati Semarang Nomor 13 Tahun 2021 tanggal 2 Juni 2021 dikarenakan Kecamatan Getasan sedang berada di Zona Merah, maka untuk Jalur Pendakian Thekelan dan Jalur Pendakian Cuntel belum dapat dibuka kembali sampai tanggal 14 Juni 2021," lanjutnya.
Pendakian Gunung Merbabu Buka Lagi 14 Juni 2021, Begini Cara Booking Tiketnya (176776)
searchPerbesar
Ilustrasi pendaki gunung Foto: Shutter Stock
Selama pendakian, para pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dengan memberlakukan kuota pendakian. Selain itu, durasi pendakian juga dibatasi hanya dua hari satu malam.
ADVERTISEMENT
Adapun, persyaratan lain yang perlu dipenuhi pendaki adalah wajib menyertakan hasil rapid test antigen atau GeNose C-19 negatif yang berlaku 1x24 jam sebagai bukti bebas COVID-19.
Pendaki juga sudah bisa melakukan booking online melalui laman resmi BTNGMb.
Berikut, panduan booking online Gunung Merbabu:
1. Buka halaman resmi Booking Online Pendakian Gunung Merbabu di bookingpendakianmerbabu.com.
2. Pastikan kuota masih ada pada Menu Cek Kuota, dan tentukan jalur pendakian Anda.
3. Masuk pada menu Destinasi Wisata, dan pilih destinasi sesuai dengan jalur pendakian Anda, kemudian pilih “Booking Sekarang”.
4. Setujui persyaratan pendakian, membawa barang-barang yang ditentukan, serta bersedia menaati peraturan yang ada pada Taman Nasional Gunung Merbabu, kemudian klik “Daftar”.
5. Pilih tanggal pendakian dengan kuota yang masih tersedia, kemudian isi formulir pendakian dengan data yang sesuai. Pastikan data sesuai dan valid!
ADVERTISEMENT
6. Setelah data sudah sesuai, klik tombol “Hitung Biaya Tiket” untuk menampilkan biaya yang perlu di bayarkan nantinya pada basecamp pendakian dan informasi tambahan bagi calon pendaki.
7. Jika sudah sesuai, klik “Kirim Booking”, kemudian calon pendaki akan mendapatkan bukti booking melalui Email, mohon bukti ini disimpan dan ditunjukan pada petugas jalur pendakian saat hari pendakian.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)