kumparan
16 Januari 2020 16:54

Restoran Indonesia Hadir di Wellington, Selandia Baru

Restoran Indonesia di Selandia Baru
Peresmian restoran Indonesia "Garuda Truck & Eatery" di Wellington, Selandia Baru. Foto: KBRI Selandia Baru
Ada kabar bahagia bagi kamu warga Indonesia yang berada di Selandia Baru. Kini, di Wellington, Selandia Baru, hadir restoran Indonesia bernama Garuda Truck & Eatery.
ADVERTISEMENT
Restoran yang berada di Jalan Marjoribanks, Wellington, Selandia Baru, resmi dibuka oleh Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, pada Kamis (16/1). Menariknya, saat pembukaan, Garuda Truck & Eatery menghadirkan musim gamelan yang mencirikan khas Indonesia.
"Setelah sekian lama dirindukan, akhirnya sebuah restoran Indonesia hadir di sini," ujar Tantowi, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan.
Restoran Indonesia di Selandia Baru
Dubes RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, bersama Burhan, saat pembukaan Garuda Truck & Eatery. Foto: KBRI Selandia Baru
Garuda Truck & Eatery merupakan buah dari kerja keras pengusaha catering asal Makassar, bernama Burhan. Sebelumnya, dia membuka food truck yang menyajikan makanan khas Indonesia.
"Saya memulai usaha ini tujuh tahun lalu dengan membuka food truck dan sambutan masyarakat ternyata sangat baik untuk dua makanan khas saya: nasi goreng dan mie goreng," terang Burhan.
Restoran Indonesia di Selandia Baru
Restoran Indonesia "Garuda Truck & Eatery " di Wellington, Selandia Baru. Foto: KBRI Selandia Baru
Namun, meskipun telah memulai usaha catering sejak tujuh tahun lalu, baru tiga tahun lalu lalu dirinya merasa terpacu untuk mengembangkan usahanya, setelah ditantang oleh Dubes Tantowi untuk membuka restoran. Sejak saat itu, tak henti-hentinya Tantowi mendorong Burhan untuk menghadirkan restoran Indonesia di Wellington.
ADVERTISEMENT
"Pak Tantowi dan ibu Dewi Yahya, beserta segenap staff KBRI benar-benar All Out membantu saya dalam mempersiapkan restoran ini," kata Burhan.
Restoran Indonesia di Selandia Baru
Para tamu menghadiri pembukaan restoran Indonesia di Selandia Baru, Garuda Truck & Eatery . Foto: KBRI Selandia Baru
Sementara itu, Dubes Tantowi menyampaikan rasa kagumnya pada Burhan yang memiliki visi besar dan nasional dalam berwirausaha di Selandia Baru. Menurutnya, usaha yang dibuka oleh Burhan bisa menjadi salah satu pojok ruangan untuk promosi pariwisata Indonesia.
"Restoran ini akan menjadi etalase Indonesia di Wellington dan menjadi alat diplomasi yang efektif untuk meraih citra baik tentang Indonesia," jelas Tantowi.
Restoran Indonesia di Selandia Baru
Para tamu menghadiri pembukaan restoran Indonesia di Selandia Baru, Garuda Truck & Eatery . Foto: KBRI Selandia Baru
Selama ini, diplomasi kuliner memang menjadi salah satu andalan diplomasi dalam memperkenalkan Indonesia. Cara ini sebelumnya telah lama diaplikasikan oleh negara lain, seperti Vietnam, China, Malaysia, dan Thailand.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan