Food & Travel
·
2 April 2018 9:18

Taman Kardus, Wisata 'Kardus' Instagramable di Kota Bandung

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Taman Kardus, Wisata 'Kardus' Instagramable di Kota Bandung (85417)
Taman Kardus. (Foto: Instagram @kalongwawa)
Bandung memang dikenal sebagai kota kreatif, tak heran berbagai destinasi wisata terus bermunculan di Kota Kembang ini. Bukan sembarang destinasi, tetapi Bandung selalu berhasil menghadirkan 'tempat main' yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah Taman Kardus.
ADVERTISEMENT
Berlokasi di Jl. Sersan Bajuri 102, Cihideung, Taman Kardus yang dibuka pada bulan Agustus 2017 itu membawa konsep baru. Mengangkat tema Green Design, Taman Kardus berhasil menjadikan dirinya sebagai kafe pertama di Indonesia yang berkonsep kardus.
Nidiya, owner dari Taman Kardus yang merupakan lulusan dari Universitas Maranatha jurusan Desain Interior menuturkan, bahwa ia dan dua orang teman pada awalnya ingin membuka bisnis baru yang berbeda di Bandung. Sempat berganti-ganti konsep, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat tempat ini dan bekerjasama dengan Dus Duk Duk, sebuah perusahaan kreatif dari Surabaya yang mengolah kardus menjadi furnitur, hiasan interior,  dekorasi, packaging dan sebagainya.
Taman Kardus sendiri sebenarnya adalah sebuah kafe. Kafe ini memanfaatkan kardus sebagai bahan dasar untuk  dekorasi interior dan furniture.
ADVERTISEMENT
"Semua peralatan di dalam Taman Kardus, pure dibuat dari kardus. Mulai dari meja, kursi, dan dekorasi. Enggak perlu takut buat duduk di kursinya juga, karena kita pakai kardus kelas A yang tingkat ketebalannya lebih tinggi dibanding kardus yang biasa kita lihat. Kardus mi instan misalnya, itu kelas F, jadi lebih tipis," ujar Nidiya, ketika dihubungi kumparanTRAVEL melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.
Nidiya juga menuturkan bahwa selain ingin membuat bisnisnya ini berbeda, konsep kardus dipilih agar dekat dengan alam.
"Kafenya ada di tengah hutan pinus. Karena konsepnya dekat dengan alam gitu, jadi di luar memang didekor sedekat mungkin sama alam dan dibuat nyaman, misalnya pakai bean bed gitu. Itulah sebabnya kita kasih nama kafe kita pake kata 'taman' gitu," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Bukan cuma itu saja, selain karena keunikan bahan dasar Taman Kardus, tempat ini juga punya dekorasi yang lucu-lucu dan tentunya Instagramable. Misalnya saja miniatur Gedung Merdeka. Tidak heran, meski baru buka selama kurang lebih tujuh bulan, Taman Kardus mulai viral di media sosial dan selalu dipenuhi pengunjung.
Bahkan menurut penuturan Nidiya, pengunjung Taman Kardus bukan hanya dari kalangan masyarakat Bandung, tapi juga luar kota dan juga luar negeri, karena viralnya tempat ini.
"Kalau yang aku sempat ketemu dan aku sempet tanya itu ada yang dari Jerman, Jepang, Singapura sama China. Katanya mereka penasaran mau lihat tempat ini dari postingan orang-orang yang foto di sini, " ujar Nidiya. 
Menempati area seluas 450 meter persegi, Taman Kardus buka mulai pukul 11.00 - 22.00 WIB. Kamu tidak perlu membayar biaya masuk ke Taman Kardus, cukup membayar biaya parkir dan makanan atau minuman yang kamu pesan.
ADVERTISEMENT