Food & Travel
·
9 Agustus 2019 8:37

Viral! Penumpang EasyJet Duduk Tanpa Sandaran Kursi di Pesawat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral! Penumpang EasyJet Duduk Tanpa Sandaran Kursi di Pesawat (6077)
Pesawat easyJet di runway bandara Prancis Foto: Shutter Stock
Setelah kejadian kelelawar masuk ke dalam kabin pesawat, baru-baru ini dunia penerbangan kembali dihebohkan dengan penumpang EasyJet yang duduk tanpa sandaran kursi ketika tengah berada di dalam pesawat dengan rute Luton menuju Jenewa.
ADVERTISEMENT
Dilansir ladbible, maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) yang bermarkas di London ini menuai kritik karena memberi kursi tanpa sandaran pada penumpang.
Kejadian ini pertama kali terungkap oleh cuitan Matthew Harris di Twitter yang mengunggah sebuah foto di mana seorang wanita duduk tanpa sandaran kursi saat penerbangan berlangsung.
"#easyjet mengalahkan @Ryanair karena memiliki kursi tanpa sandaran," gurau Matthew sambil bertanya-tanya mengenai bagaimana bisa hal tersebut bisa terjadi dan lolos dari pemeriksaan pihak maskapai pada postingannya.
Meskipun pada awalnya tidak dijelaskan apakah foto itu diambil sebelum atau setelah pesawat lepas landas, EasyJet mengklaim kursi itu tidak digunakan di dalam penerbangan.
"Tidak ada penumpang yang diizinkan untuk duduk di kursi ini karena mereka tidak beroperasi menunggu perbaikan. Keselamatan adalah prioritas utama kami dan EasyJet mengoperasikan armada pesawatnya dengan kepatuhan ketat terhadap semua pedoman keselamatan," jelas pihak perwakilan EasyJet dalam sebuah pernyataan.
ADVERTISEMENT
Namun, foto tersebut telah menyebar dengan cepat dan menjadi viral. Bahkan unggahan Matthew telah di-retweet sebanyak 24 ribu kali dan disukai sebanyak 46 ribu kali.
Banyak dari warganet yang mengkritik tajam maskapai EasyJet karena telah memberikan kursi yang tidak layak pada penumpang. Tak tinggal diam, pihak EasyJet pun segera menanggapi unggahan Matthew dan memintanya untuk segera menghapus unggahannya di Twitter.
"Hai Matthew, terima kasih telah menyampaikan ini kepada kami, sebelum kami dapat menyelidiki ini, bisakah saya meminta Anda untuk menghapus foto dan kemudian memberi kami info lebih lanjut tentang ini, sehingga kami dapat membantu Anda dengan sebaik-baiknya," tulis pihak maskapai EasyJet.
Matthew pun mengatakan tidak akan menghapus foto tersebut karena merasa foto tersebut adalah benar adanya. Unggahannya tersebut pun menuai beragam komentar dari warganet.
ADVERTISEMENT
"Para penumpang di belakang jelas telah membayar ruang kaki ekstra. Sekarang bergeser agar mereka dapat mengangkat kaki," gurau salah satu pengguna Twitter.
Sementara itu, yang lain meragukan adanya kursi tersebut. "Saya tidak berpikir baris ini sedang digunakan. Wanita itu hanya duduk di kursi itu pada waktu itu, tidak menggunakan belt. Saya akan sangat terkejut jika dia benar-benar dialokasikan kursi itu untuk penerbangan," tulis yang lainnya.
Beberapa waktu kemudian Matthew pun kembali menulis cuitan yang berisi klarifikasi terhadap kejadian tersebut.
"Kita harus bertanya-tanya seberapa aman pesawat itu. Ini adalah kursinya. Wanita itu dipindahkan ke kursi cadangan setelah pesawat terisi penuh," tegas Matthew.