Food & Travel
·
13 September 2021 18:36
·
waktu baca 2 menit

Warna Asli Jarum Big Ben Terungkap Setelah Direstorasi, Ternyata Bukan Hitam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Warna Asli Jarum Big Ben Terungkap Setelah Direstorasi, Ternyata Bukan Hitam (435843)
searchPerbesar
Big Ben Foto: Reuters/Neil Hall
Selama ini mungkin sebagian dari kamu beranggapan bahwa jarum jam menara ikonik Big Ben, Inggris, memiliki warna kehitaman. Namun, tahukah traveler, ternyata hal itu salah besar, karena warna asli jarum jam Big Ben ternyata bukan warna hitam.
ADVERTISEMENT
Dilansir National News, baru-baru ini terungkap kalau jarum jam Big Ben, maupun garis angkanya, yang asli rupanya berwarna biru Persia. Hal ini diketahui setelah jam yang berada di kompleks Istana Westminster, London, itu mulai direstorasi.
Warna Asli Jarum Big Ben Terungkap Setelah Direstorasi, Ternyata Bukan Hitam (435844)
searchPerbesar
Big Ben Foto: Reuters/Neil Hall
Adapun, Pemerintah Inggris mulai melakukan restorasi pada jam yang pernah menjadi yang tercanggih di zamannya itu pada 2017 lalu.
Hal ini dikarenakan bangunan Menara Elizabeth yang saat ini menjadi rumah Big Ben telah mengalami perubahan kemiringan sebanyak 46 centimeter.
Demi mengembalikan bangunan bergaya Neo Gotik tersebut seperti sedia kala, Pemerintah Inggris harus menggelontorkan dana hingga 111 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 1,5 triliun.

Restorasi di Big Ben Diperkirakan Selesai Tahun Depan

Selama melakukan restorasi, para ahli juga melakukan berbagai penambahan fasilitas untuk memudahkan wisatawan yang berkunjung ke Big Ben. Di antaranya adalah lift yang bisa digunakan turis menuju puncak menara, serta pemasangan lampu LED untuk mempercantik pemandangannya di malam hari.
ADVERTISEMENT
Selain melakukan pergantian mesin, pemugaran juga dilakukan dengan mengganti batu maupun mengecat ulang besi yang menjadi konstruksi utama bangunan seberat 14 ton itu.
Warna Asli Jarum Big Ben Terungkap Setelah Direstorasi, Ternyata Bukan Hitam (435845)
searchPerbesar
Renovasi Big Ben di London, Inggris Foto: AFP/Ben Stansall
Meski begitu, warga London terpaksa masih harus bersabar untuk mendengar bunyi lonceng jam tersebut. Sebab, dentang jam Big Ben baru akan kembali dinyalakan ketika proyek restorasi selesai dilakukan pada tahun depan.
Menara jam ikonik ini tak hanya menjadi salah satu atraksi wisata tersendiri bagi wisatawan. Big Ben juga kerap dibunyikan untuk menandai perayaan pada awal tahun baru atau acara-acara lainnya.
Selain itu, Big Ben juga akan dibunyikan pada awal acara mengheningkan cipta pada hari peringatan pahlawan yang gugur dalam peperangan.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
ADVERTISEMENT