kumparan
Woman2 Desember 2019 19:23

5 Cara Memanfaatkan Essential Oil

Konten Redaksi kumparan
Essential Oil
Essential Oil Secara Alami Maksimalkan Kesehatan Foto: Pixabay
Beberapa tahun belakangan, essential oil makin banyak digunakan oleh masyarakat. Banyak orang yang memanfaatkan minyak dari tumbuh-tumbuhan ini, baik sebagai pewangi ruangan maupun sebagai bagian dari ritual kesehatan mereka.
ADVERTISEMENT
Memang, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari essential oil. Tak cuma wangi, beberapa essential oil juga dapat digunakan untuk menunjang kesehatan. Misalnya, dengan menimbulkan rasa rileks, meningkatkan konsentrasi, hingga membantu sebagian orang untuk tidur lebih cepat.
Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan bila ingin menggunakan essential oil. Terutama, mengenai cara penggunaan dan alat-alat yang bisa digunakan untuk memanfaatkan minyak tersebut.
Selengkapnya, berikut beberapa contoh cara memanfaatkan essential oil untuk kesehatan dan pewangi ruangan.
1. Digunakan bersama diffuser
Oil diffuser, dekor
Ilustrasi oil diffuser Foto: Shutterstock
Salah satu cara yang umum dipakai untuk memanfaatkan essential oil adalah dengan membakar atau membuatnya menguap menggunakan diffuser. Ada berbagai jenis diffuser yang bisa kita pilih, termasuk yang berbentuk keramik dan memerlukan lilin dan diffuser yang berbentuk batangan tumbuhan reed.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakan diffuser juga tergolong mudah. Kita hanya perlu meneteskan essential oil ke atas cawan diffuser atau dengan mencolokkan batangan reed ke dalam botol essential oil. Namun, pastikan sirkulasi udara dalam ruangan terjaga dengan baik, sehingga tidak akan terjadi masalah pernapasan bila kita menggunakan aromaterapi.
2. Dihirup begitu saja
Bila tidak ingin menggunakan alat apapun, kita juga bisa memanfaatkan essential oil dengan cara menghirupnya secara langsung dari botol. Namun, jangan sampai essential oil tersebut mengenai kulit kita tanpa diencerkan terlebih dahulu, demi mencegah terjadinya iritasi.
3. Digunakan pada badan
Ilustrasi body lotion
Ilustrasi perempuan menggunakan essential oil. Foto: Shutterstock
Selain digunakan bersama alat, kita juga bisa mengoleskan essential oil pada badan. Syaratnya, kita harus mengencerkannya dengan carrier oil, seperti minyak jojoba, kelapa, zaitun, atau minyak bunga matahari. Healthline menyebutkan, hal ini perlu dilakukan karena essential oil yang tak diencerkan dapat membuat kulit iritasi.
ADVERTISEMENT
Setelah mengencerkan minyak, kita bisa mengoleskannya langsung pada bagian-bagian yang diinginkan, seperti bagian yang terasa tegang atau kaku. Bila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah essential oil yang memang memiliki khasiat meredakan rasa tegang pada otot. Contohnya, minyak peppermint atau helichrysum. Untuk meredakan rasa sakit, kita bisa memilih minyak rosemary, lavender, juga kayu putih.
4. Digunakan saat mandi
Salah satu cara untuk memanfaatkan essential oil saat mandi adalah dengan mencampurkan minyak ini pada handuk yang sudah direndam dengan air hangat. Kemudian, kita tinggal menggosokkan handuk tersebut kepada kulit sambil melakukan eksfoliasi.
Selain itu, kita juga bisa mencampurkan essential oil dengan carrier oil, kemudian meneteskannya ke dalam air sebelum berendam di dalam bath tub. Hal ini dimaksudkan untuk menambah efek relaksasi saat berendam.
ADVERTISEMENT
Namun, Suzanne Teachey, seorang herbalist asal AS sekaligus pemilik Nectar Apothecary, mengatakan bahwa kita perlu memperhatikan jenis essential oil yang akan dicampurkan ke dalam bath tub. Menurutnya, kita perlu memilih minyak yang memang bersifat ramah bagi kulit, seperti lavender, chamomile, juga mawar--itupun setelah dicampurkan dengan carrier oil. Hindari menggunakan minyak-minyak yang berpotensi menimbulkan iritasi, seperti cinnamon, clove, spearmint, thyme, maupun oregano.
"Sekalipun Anda menggunakan carrier oil, Anda perlu sangat berhati-hati terhadap minyak yang dapat membuat kulit dan membran teriritasi," tutur Suzanne Teachey, seperti dikutip goodhousekeeping.com.
5. Dicampurkan dengan potpourri
Bunga Kering
Dekorasi rumah menggunakan potpourri. Foto: Shutterstock
Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan essential oil dengan mencampurkannya pada potpourri--hiasan berupa bunga kering dan rempah yang biasa digunakan sebagai pewangi alami ruangan.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, setiap potpourri dirancang untuk menghasilkan wangi tertentu. Untuk memperkuat aromanya, Anda bisa meneteskan essential oil sesuai selera. Supaya aroma terus bertahan, Anda bisa meneteskan essential oil pada potpourri secara berkala, setiap dibutuhkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan