kumparan
5 November 2019 14:20

5 Cara Menyamarkan Bekas Jerawat dengan Bantuan Makeup

Ilustrasi Bekas Jerawat
Ilustrasi Bekas Jerawat. Foto: dok. Unsplash/Audrey Jackson
Tidak hanya jerawat, bekas jerawat pun kadang terasa mengganggu penampilan wajah secara keseluruhan. Bekas jerawat biasanya terbentuk dari jerawat yang iritasi karena mengandung minyak, kulit mati dan bakteri di dalamnya. Umumnya, bekas jerawat akan berwarna merah kehitaman yang akan memudar dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, banyak perempuan yang berusaha untuk menyamarkan bekas jerawat dengan bantuan concealer. Tetapi hal itu saja tidaklah cukup. Diperlukan tahapan-tahapan yang tepat untuk menyamarkan bekas jerawat dengan bantuan makeup agar hasilnya lebih maksimal. Seperti apa caranya?
1. Gunakan primer sebelum merias wajah
Ilustrasi Perempuan
Ilustrasi perempuan memakai skin care. Foto: Shutterstock
Agar bekas jerawat dapat tertutup dengan sempurna, Anda dianjurkan untuk menggunakan primer wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan foundation dan concealer. Primer memiliki banyak warna yang mampu mengatasi warna kulit yang tidak merata.
Misalnya, primer berwarna ungu untuk mengatasi kulit kusam, primer berwarna peach atau oranye untuk mencerahkan wajah dan primer berwarna hijau untuk menyamarkan warna kulit kemerahan akibat bekas jerawat dan hiperpigmentasi.
2. Pilih foundation matte
Rekomendasi foundation
Rekomendasi foundation dari tim kumparanWOMAN. Foto: Berbagai sumber
Bila wajah Anda memiliki banyak bekas jerawat, pilihlah foundation yang tidak membuat wajah terlihat mengkilap. Mengutip Refinery29, makeup artist asal Amerika Serikat, Andre Sarmiento, menjelaskan bahwa kandungan makeup yang memiliki banyak shimmering atau memberikan efek wajah lebih mengkilap cenderung memperlihatkan perbedaan tekstur warna kulit.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, pilihlah foundation matte karena mampu menyamaratakan warna kulit termasuk juga menyamarkan bekas jerawat. Pilih juga foundation matte yang memiliki kemampuan untuk mengontrol minyak di wajah dan tidak membuat riasan cakey atau terlihat menggumpal.
3. Perhatikan cara memulas foundation dengan kuas makeup
Ilustrasi kuas
Ilustrasi kuas. Foto: Pixabay
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas jerawat dengan foundation. Salah satunya mengaplikasikan foundation menggunakan kuas makeup dengan cara ditepuk-tepuk sambil ditekan pelan ke wajah (stippling).
Teknik stippling ini membuat foundation membaur dengan sempurna sekaligus menutupi bekas jerawat. Bila masih kurang menutup, Anda bisa mengaplikasikan foundation kembali hingga warna kulit lebih merata.
4. Pilih concealer matte yang high-coverage
Ilustrasi Concealer
Ilustrasi Concealer. Foto: dok. Unsplash
Concealer menjadi produk makeup andalan untuk menutupi bekas jerawat. Sarmiento menyarankan untuk memilih concealer matte yang high-coverage alias dapat menutup noda pada wajah dengan sempurna. Pilih concealer bertekstur creamy yang mudah dibaurkan, cukup gunakan sedikit pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat kemudian ratakan dengan jari tangan atau kuas khusus concealer.
ADVERTISEMENT
5. Sempurnakan riasan dengan bedak transparan dan setting spray
Makeup Setting Spray
Makeup Setting Spray Foto: Thinkstock
Setelah foundation dan concealer membaur dengan sempurna di wajah, Anda bisa menggunakan bedak tabur transparan sebagai 'pelindung' riasan yang telah diaplikasikan. Bedak tabur ini berfungsi untuk membuat riasan lebih tahan lama sekaligus mengontrol sebum pada wajah sehingga wajah tidak mudah berminyak.
Bila Anda ingin riasan lebih maksimal dalam menyamarkan bekas jerawat, gunakan juga setting spray atau facial spray yang bisa disemprotkan pada wajah. Pilih setting spray yang memiliki kandungan hyaluronic acid untuk melembapkan wajah, membuat makeup lebih tahan lama, sekaligus menyamarkan bekas jerawat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan