Woman
·
30 Juni 2021 19:13
·
waktu baca 3 menit

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264129)
searchPerbesar
Putri Diana saat berkunjung ke Indonesia tahun 1989. Foto: AFP/KRAIPIT PHANVUT
Patung untuk menghormati mendiang Putri Diana akan segera diresmikan di Istana Kensington pada Kamis (1/7) besok atau tepat di hari ulang tahun ke-60 mendiang Lady Diana.
ADVERTISEMENT
Pada peresmian ini, kedua anak Putri Diana yaitu Pangeran William dan Pangeran Harry dijadwalkan akan kembali tampil bersama di depan publik. Ini tentunya menjadi momen reuni bagi Pangeran William dan Pangeran Harry sejak menghadiri pemakaman kakek mereka, Pangeran Philip, pada April lalu.
Selain menjadi momen penting bagi William dan Harry, rupanya ada sederet fakta menarik soal peresmian patung Putri Diana yang akan digelar Kamis esok. Berikut ini, kumparanWOMAN akan merangkum beberapa fakta atau hal menarik seputar peresmian patung Putri Diana yang dikutip dari berbagai sumber. Simak informasinya di bawah ini.

1. Daftar tamu diperkecil, Kate Middleton tidak hadir

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264130)
searchPerbesar
Sama Seperti Kebanyakan Perempuan, Ternyata Ini Isi Tas Kate Middleton. Foto: AFP/Paul Faith
Mengutip Mirror UK, daftar tamu yang hadir di peresmian patung Putri Diana kabarnya diperkecil. Rencananya, acara ini akan dihadiri lebih dari 100 lebih orang namun dibatalkan karena pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Kate Middleton awalnya menjadi salah satu tamu yang akan hadir di acara tersebut. Namun, seorang sumber istana mengkonfirmasi bahwa Kate Middleton batal hadir. Lebih lanjut, sumber juga mengatakan bahwa acara itu akan dihadiri Pangeran William, Pangeran Harry, kerabat dekat mendiang Putri Diana, pematung Ian Rank-Broadley, hingga desainer taman Pip Morrison.
“Ini adalah acara kecil dan momen yang sangat pribadi bagi keluarga. Rencana pengurangan tamu karena pembatasan COVID-19 dan pengaturan media telah menyesuaikan ukuran dan jenis acara,” kata sumber kerajaan kepada Mirror UK.

2. Pangeran Charles tidak hadir karena dikhawatirkan mengungkit kembali luka lama

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264131)
searchPerbesar
Pangeran Charles Foto: Getty Images
Selain Kate Middleton, mantan suami Putri Diana, Pangeran Charles, juga dikabarkan tidak akan hadir di acara peresmian patung Lady Diana. Menurut seorang sumber, kehadiran Pangeran Charles itu dikhawatirkan akan mengungkit kembali luka masa lalu yang menyakitkan. Apalagi, keduanya memang memiliki hubungan yang sulit dan rumit ketika masih berstatus suami istri.
ADVERTISEMENT
“Sejak kematian Diana, dia merasa lebih baik menyimpan kenangan itu untuk dirinya sendiri dan membiarkan putra-putranya untuk melakukan apa pun,” kata seorang sumber kepada Page Six.

3. Patung sudah tiba di Istana Kensington

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264132)
searchPerbesar
Putri Diana kenakan fascinator dan turban saat ke Dubai Foto: Instagram @lady.diana
Menurut laporan Hello Magazine UK, patung Putri Diana telah tiba di Istana Kensington sebelum peresmiannya pada Kamis (1/7). Kini, patung tersebut telah disimpan dengan aman di dalam sebuah kotak. Nantinya, patung Putri Diana akan ditempatkan di salah satu tempat favorit sang putri di halaman Istana Kensington, yaitu Sunken Garden.

4. Pangeran William kabarnya tak ingin Meghan Markle hadir di acara tersebut

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264133)
searchPerbesar
Meghan Markle Foto: AFP
Pada peresmian patung Putri Diana, Pangeran Harry akan datang tanpa ditemani sang istri, Meghan Markle. Meghan dikabarkan akan tetap berada di rumah mereka di California bersama kedua buah hatinya, Archie dan Lilibet.
ADVERTISEMENT
Seorang pakar kerajaan, Charlotte Griffiths, mengungkapkan bahwa Pangeran William berperan dalam ketidakhadiran Meghan di acara peresmian patung Putri Diana.
“Keputusan ini dan semua hal yang berkaitan dengan peresmian patung adalah 50 persen keputusan William. Diana adalah ibunya. Dan dia selalu mengingatkan hal tersebut pada orang-orang di sekitarnya yang terlibat dalam urusan ini,” kata Charlotte kepada MailPlus.
Lebih lanjut, Charlotte mengatakan bahwa kehadiran Megan di acara tersebut bukanlah momen yang tepat. “Ini bukan waktu yang tepat untuk membawa masuk Meghan karena ada begitu banyak ketegangan antara William dan Meghan khususnya,” tambahnya.

5. Pangeran William dan Pangeran Harry akan mengadakan pertemuan pribadi setelah acara

5 Hal Seputar Peresmian Patung Putri Diana, Peringati Ultah ke-60 Sang Putri (1264134)
searchPerbesar
Pangeran William dan Pangeran Harry selama pemakaman Pangeran Philip, di Windsor, Inggris, April, Sabtu (17/4). Foto: Pool via REUTERS
Pangeran William dan Pangeran Harry dikabarkan akan mengadakan sebuah pertemuan pribadi setelah acara peresmian patung Putri Diana. Hal itu disampaikan oleh seorang sumber kepada The Daily Telegraph.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, sumber juga menyebut bahwa pertemuan itu akan menjadi momen penting bagi William dan Harry untuk memperbaiki hubungan yang selama ini merenggang.
Ya, sejak pasangan Sussex mengumumkan untuk mundur dari anggota senior keluarga Kerajaan Inggris, hubungan Pangeran William dan Pangeran Harry pun dikabarkan tidak berjalan baik. Hubungan keduanya bahkan memanas usai wawancara kontroversial Harry dengan Oprah Winfrey pada Maret lalu.