kumparan
7 November 2019 19:20

5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Bekas Jerawat Susah Dihilangkan

Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi perempuan memencet jerawat. Foto: Shutterstock
Pada dasarnya, tidak ada orang yang suka berjerawat. Banyak dari kita yang melakukan berbagai cara agar wajah mulus seperti sedia kala, tanpa adanya bekas jerawat yang menodai wajah.
ADVERTISEMENT
Namun, keinginan ini terkadang sulit terwujud karena beberapa kebiasaan sepele. Misalnya, kebiasaan untuk menggunakan makeup tebal atau memencet jerawat. Alih-alih membantu melenyapkan bekas jerawat, kebiasaan macam ini justru akan membuat kondisi kulit wajah kita semakin parah.
Maka, betapapun sulitnya, kita harus mencoba untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan ini. Selengkapnya, berikut beberapa contoh kebiasaan yang dapat menimbulkan dan membuat bekas jerawat sulit dihilangkan.
1. Memencet jerawat
Sebagian dari kita mungkin tak sabar dan memilih untuk memencet jerawat pada wajah. Padahal, ini sama sekali tidak membantu dan justru akan menimbulkan bekas jerawat. Sementara, bekas jerawat justru lebih sulit disembuhkan, bila dibandingkan dengan jerawat itu sendiri.
"Karena itu, saya minta kepada para pasien untuk tidak memencet wajah saat sedang berjerawat. Ini akan menimbulkan berbagai acne scar," ujar Dr. Shinta Damayanti, SpKK, dalam acara media gathering di ERHA Derma Center Pondok Indah, Jakarta, beberapa saat lalu.
ADVERTISEMENT
2. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur
Ilustrasi tidur tengkurap
Ilustrasi tidur tengkurap Foto: Pixabay
Setelah seharian beraktivitas di luar, kita mungkin merasa terlalu lelah dan malas untuk membersihkan wajah. Sebagian dari kita mungkin bahkan nekat untuk tidur tanpa membersihkan riasan maupun kotoran yang menempel di wajah.
Bila kita melakukan hal ini, tentu tidak mengherankan bila wajah kita berjerawat. Bukan tidak mungkin pula, akan terjadi iritasi pada kulit yang membuat bekas jerawat semakin susah dihilangkan.
Sehingga, semalas dan selelah apapun, kita harus ingat untuk membersihkan wajah sebelum tidur.
3. Terlalu sering membersihkan wajah
Membersihkan wajah
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock
Sebaliknya, membersihkan wajah terlalu sering ternyata juga dapat memperparah kondisi kulit. Menurut situs resmi American Academy of Dermatology, hal ini bisa membuat kulit semakin teriritasi dan menimbulkan lebih banyak jerawat.
ADVERTISEMENT
Untuk menghindari hal ini, kita disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari saja, yaitu saat bangun dan sebelum tidur. Selain itu, kita juga bisa membersihkan wajah setelah menjalani aktivitas yang membuat wajah banyak berkeringat.
4. Tidak menggunakan sunscreen
Ilustrasi Skincare
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Saat wajah dipenuhi jerawat, kita mungkin tidak ingin mengoleskan apapun pada kulit wajah, kecuali obat untuk menghilangkan jerawat. Namun, sebenarnya, kita tetap harus ingat untuk menggunakan skin care dasar, seperti pelembap dan sunscreen.
Menurut penjelasan dari situs resmi Vaseline, sinar UV yang berasal dari matahari dapat memicu produksi melanosit atau sel pembuat zat warna pada kulit. Hal ini pun menggelapkan warna kulit dan membuat bekas jerawat semakin terlihat dan semakin lama sembuh. Sehingga, kita perlu tetap menggunakan sunscreen untuk menghindari hal tersebut.
ADVERTISEMENT
5. Menggunakan makeup yang terlalu tebal
Ilustrasi memakai makeup
Ilustrasi memakai makeup Foto: dok. Freepik
Saat wajah dipenuhi jerawat, kita mungkin berpikiran untuk menggunakan makeup tebal demi menutupi kondisi wajah. Namun, hal ini perlu dihindari. Sebab, riasan yang tebal dapat membuat kulit iritasi, menimbulkan jerawat, bahkan membuat bekas jerawat semakin sulit dihilangkan.
"Apa yang kita lakukan untuk menutupi bekas jerawat bisa menjadi siklus yang berbahaya. (Bila ingin menggunakan makeup), pilihlah riasan yang bebas minyak dan non-comedogenic, sehingga Anda tidak memperparah kondisi kulit," tutur Ivy Lee, MD, seorang dermatolog dari California, Amerika Serikat, seperti dikutip Reader's Digest California.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan