Woman
·
21 Juli 2021 10:05
·
waktu baca 2 menit

Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi (83512)
searchPerbesar
Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi. Foto: Shutterstock
Selama pandemi Covid-19 dan masa PPKM darurat ini, masyarakat tentu harus lebih pintar mengatur keuangan agar tidak mengalami keanjlokan yang begitu signifikan. Oleh karena itu diperlukan tujuan keuangan yang tepat agar finansial kamu lebih teratur.
ADVERTISEMENT
Nah, Ladies, ada lho salah satu metode yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan dalam masa krisis, yakni frugal living.
Biasanya, metode ini digunakan oleh generasi milenial yang baru saja memulai mengatur keuangannya. Namun ternyata, metode keuangan ini juga bisa diterapkan siapa saja di masa-masa sulit seperti saat pandemi ini. Penasaran seperti apa metode frugal living ini? Mengutip Wealth Simple, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya untuk kamu!

Apa itu frugal living?

Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi (83513)
searchPerbesar
Ilustrasi mengelola keuangan. Foto: Shutterstock
Frugal living adalah gaya hidup untuk mengelola sesuatu dengan cara yang hemat tapi tidak mengesampingkan nilai dari barang tersebut. Singkatnya, frugal living dapat membantu kamu membedakan mana kebutuhan dan keinginan.
Lantas, mengapa metode ini sering diterapkan oleh generasi milenial? Penyebabnya karena generasi milenial sering kesulitan dalam memilih mana yang memang ia butuhkan dan mana yang diinginkan. Oleh karena itu, di tengah pandemi yang serba tidak terduga ini, metode frugal living sangat diperlukan.
ADVERTISEMENT
Setelah kamu mencoba metode ini dan konsisten melakukannya, kamu akan terbiasa untuk membeli barang hemat dan sesuai dengan kebutuhan. Meski tidak bisa instan, metode ini bisa kamu lakukan dengan cara perlahan.

Bagaimana cara menerapkan frugal living?

Untuk menerapkan metode frugal living ini memang diperlukan konsisten yang kuat. Terlebih, tidak sedikit yang sering tergoda untuk membeli sesuatu yang bukan kebutuhan melainkan keinginan.
Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi (83514)
searchPerbesar
Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock
Maka itu, hal yang perlu kamu lakukan pertama kali ketika akan mencoba metode ini adalah mengevaluasi pengeluaran dan pemasukan finansial. Dengan begitu, kamu bisa berkaca dan mengurangi apa saja yang memang dibutuhkan dan diinginkan.
Nah, karena frugal living mengutamakan kehematan, pastikan untuk sering-sering bertransaksi dengan memanfaatkan promo ataupun diskon, Ladies. Apabila kamu merasa segan atau malu untuk membeli barang dengan promo, tanamkan di mindset bahwa sisa uang dari diskon atau promo yang kamu gunakan bisa disimpan.
ADVERTISEMENT
Jangan lupa, Ladies, untuk hilangkan hasrat ingin mendapatkan pengakuan sosial dari teman-temanmu. Jika kamu terus-menerus ingin mendapatkan pengakuan sosial, maka kamu tidak akan bisa mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan.

Manfaat yang akan kamu dapatkan dari frugal living

Mengenal Gaya Hidup Frugal Living yang Cocok Diterapkan di Masa Pandemi (83515)
searchPerbesar
Ilustrasi memantau investasi lewat smartphone. Foto: Shutterstock
Ketika kamu sudah menerapkan frugal living ini dengan baik dan konsisten, maka kamu akan mendapatkan manfaatnya lho, Ladies. Misalnya uang yang kamu sisihkan setelah berhemat dengan frugal living ini bisa dipakai untuk berinvestasi.
Dengan begitu, uang yang kamu dapatkan bisa bertambah berkali-kali lipat, Ladies. Jika kamu kembali merasakan kesulitan saat melakukan metode ini, ingatlah bahwa sedikit uang kamu belanjakan, maka akan semakin banyak tabungan yang kamu punya.
Selamat mencoba, Ladies!
Penulis: Johanna Aprillia