Woman
·
30 Juni 2021 17:20
·
waktu baca 2 menit

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88778)
searchPerbesar
Ilustrasi cara atasi rasa insecure pada diri sendiri dengan berkaca Foto: Shutterstock
Tak bisa dipungkiri bahwa banyak perempuan yang merasa tidak percaya diri dan insecure dengan penampilannya. Bukan tidak beralasan, hal tersebut tentu dikarenakan adanya standar kecantikan ideal yang seakan mengharuskan perempuan untuk tampil langsing, putih, dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Berkembangnya standar kecantikan ini membuat perempuan merasa tidak nyaman dan insecure dengan kondisi diri mereka, sehingga pada akhirnya berusaha keras untuk mencapai standar ketimbang menerima diri sendiri.
Inilah yang mendorong munculnya gerakan body positivity, gerakan yang mendorong perempuan untuk lebih berdamai dengan diri sendiri dan tidak lagi memusingkan apa yang orang lain bicarakan. Jika bisa menerapkannya kamu akan merasakan manfaat lebih bahagia menjalani hidup.
Nah, bagaimana sih cara yang tepat untuk menerapkan body positivity tersebut di kehidupan sehari-hari? Mengutip Well Being Trust, berikut kumparanWOMAN telah merangkumnya hanya untuk kamu!

1. Ucapkan afirmasi positif setiap harinya

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88779)
searchPerbesar
com-Ilustrasi perempuan. Foto: Shutterstock
Kalimat positif atau afirmasi yang kamu lontarkan setiap harinya, akan memberikan dampak yang positif untuk tubuh kamu loh, Ladies. Dalam kata lain, kamu memberikan dorongan verbal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri.
ADVERTISEMENT
Sehingga kamu bisa mulai bisa menerima diri sendiri dan lebih bisa berdamai dengan penampilan yang dimiliki. Beberapa contoh afirmasi positif yang bisa kamu ucapkan yakni, 'Aku mencintai tubuhku','Aku cantik dan aku senang' atau 'Aku senang dengan tubuh yang aku miliki'.

2. Berpikir untuk sehat, bukan untuk mendapat pujian

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88780)
searchPerbesar
com-Ilustrasi seseorang yang selalu berpikir positif. Foto: Shutterstock
Kebanyakan orang terutama perempuan mungkin mengutamakan pujian dari seseorang yang melihat bentuk tubuh idealnya. Tetapi ingatlah bahwa bagaimanapun bentuk tubuh yang kamu miliki, kesehatan adalah yang paling utama. Cobalah untuk mementingkan kesehatan dibandingkan pengakuan dari orang lain.

3. Fokus pada hal yang kamu sukai

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88781)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan Menggambar Foto: Shutterstock
Ketika ada pikiran negatif yang melanda di pikiran kamu, cobalah untuk menghapusnya dengan sesuatu yang positif atau kegiatan yang kamu sukai. Misalnya saja kegiatan berolahraga untuk membuat tubuh semakin sehat. Dengan begitu, pikiran negatif yang sempat terlewatkan akan tergantikan dengan sesuatu yang positif.
ADVERTISEMENT

4. Berhenti untuk membandingkan diri sendiri

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88782)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan. Foto: dok. Freepik
Hal yang membuat kamu terus menerus merasa tidak percaya diri adalah kebiasaan untuk selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pasalnya, kondisi itu yang justru memicu kamu menjadi tidak merasa puas dan kurang bersyukur dengan apa yang dimiliki, sehingga kamu selalu ingin lebih. Ingat, Ladies, bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

5. Hentikan membicarakan hal negatif ke diri sendiri

Sering Insecure? Ini 5 Cara Terapkan Body Positivity agar Hidup Lebih Bahagia (88783)
searchPerbesar
Ilustrasi Remaja Perempuan Depresi Foto: Shutterstock
Cobalah untuk memperlakukan tubuh kamu sebagai seorang teman, artinya jangan sampai kamu mengatakan hal negatif yang justru menyakiti diri sendiri. Pembicaraan negatif juga yang akan membuat kamu terus-menerus menggali kekurangan yang dimiliki. Oleh karena itu, coba untuk pelan-pelan menghentikan pembicaraan negatif ke diri sendiri ya, Ladies.
ADVERTISEMENT
Penulis: Johanna Aprillia