Woman
·
17 Juli 2021 9:54
·
waktu baca 2 menit

Urutan Skin Care untuk Kulit Berjerawat, dari Pagi hingga Malam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Urutan Skin Care untuk Kulit Berjerawat, dari Pagi hingga Malam (51445)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan bekas jerawat. Foto: Shutterstock
Bagi seorang perempuan, menggunakan skin care merupakan sebuah rutinitas untuk merawat kulit yang tidak boleh terlewatkan setiap harinya. Dalam pemakaian skin care sendiri, penting bagi kita untuk memperhatikan urutannya secara bertahap.
ADVERTISEMENT
Dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di ZAP Premiere Clinic dan Bamed Skin Care Jakarta, dr. Indah Widyasari, SpKK, mengatakan bahwa memperhatikan urutan pemakaian skin care itu sangat penting agar produk yang dipakai bisa bekerja secara optimal di dalam kulit, terutama untuk kulit berjerawat.
“Selain itu, hal tersebut juga akan mempengaruhi produk itu ngefek atau enggak ke kulit, lalu penetrasi dan absorpsinya juga. Jadi, kalau misalnya ternyata absorpsi atau penetrasinya enggak baik kan percuma ya, nanti produk itu efeknya enggak seperti yang diharapkan,” kata dr. Indah saat diwawancarai kumparanWOMAN pada Rabu (14/7).
Dalam menggunakan skin care untuk kulit berjerawat, dr. Indah juga mengingatkan kita untuk memperhatikan kandungan bahan aktifnya di dalamnya. Ia menyebut bahan aktif tersebut harus memiliki efek anti bakteri dan anti radang, tujuannya untuk membunuh bakteri-bakteri di kulit sehingga jerawat pun tidak muncul lagi di wajah.
ADVERTISEMENT
Lalu, seperti apa urutan skin care untuk kulit berjerawat? Berikut urutan skin care pagi dan malam untuk kulit berjerawat menurut rekomendasi dari dr. Indah:
Urutan Skin Care untuk Kulit Berjerawat, dari Pagi hingga Malam (51446)
searchPerbesar
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock

Urutan skin care pagi

1. Facial Wash

Setelah bangun tidur, cucilah wajahmu menggunakan facial wash yang teksturnya gentle atau foaming. Mencuci wajah di pagi hari, bisa membantu membersihkan sisa skin care yang digunakan pada malam hari.

2. Toner

Kemudian gunakan toner untuk menghidrasi kulit yang berjerawat. Penggunaan toner ini berfungsi untuk menyegarkan dan mengangkat sisa-sisa minyak di wajah. Hindari penggunaan toner yang bersifat eksfoliasi, yang mengandung AHA atau BHA.

3. Serum

Urutan yang selanjutnya, yaitu menggunakan serum yang memiliki kandungan hyaluronic acid atau centella asiatica, untuk menjaga kelembapan kulit berjerawat dan mencegah iritasi kulit.
ADVERTISEMENT

4. Pelembap

Menurut dr. Indah, tahapan moisturizing merupakan hal yang sangat penting. Untuk wajah berjerawat, gunakan pelembap atau krim pagi yang teksturnya ringan seperti lotion agar mudah diserap oleh kulit yang berminyak. Saat mengoleskan pelembap, berikan sedikit pijatan kecil dari arah pipi ke atas hingga bagian dahi.

5. Sunscreen

Sunscreen merupakan tahapan skin care yang wajib untuk digunakan di pagi dan siang hari. Sunscreen memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 PA++.
Urutan Skin Care untuk Kulit Berjerawat, dari Pagi hingga Malam (51447)
searchPerbesar
Ilustrasi Perempuan Memakai Toner Foto: Shutter Stock

Urutan skin care malam

1. Double cleansing

Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk melakukan double cleansing. Hal ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup secara maksimal. Langkah pertama, gunakan micellar water yang tidak mengandung alkohol untuk membersihkan riasan, debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu cuci muka dengan facial wash yang memiliki kandungan salicylic acid, untuk mengontrol minyak dan mengembalikan pH kulit.
ADVERTISEMENT

2. Toner eksfoliasi

Di malam hari, gunakan toner eksfoliasi yang mengandung AHA, BHA atau retinol, untuk membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, setelah membersihkan wajah.

3. Serum

Kemudian gunakan serum yang berfungsi untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan kulit. Serum yang baik untuk kulit jerawat adalah yang mengandung retinol, tea tree oil, green tea extract, centella asiatica extract atau niacinamide.

4. Pelembap

Setelah serum meresap ke dalam kulit, jangan lupa gunakan pelembap atau krim malam. Tujuannya untuk mengunci skin care dan mengontrol minyak di malam hari.

5. Acne spot treatment

Terakhir adalah menggunakan produk acne spot treatment atau obat totol jerawat. Dr. Indah menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide, untuk mengeringkan area kulit yang berjerawat.
ADVERTISEMENT