Woman
·
22 Juli 2021 9:21
·
waktu baca 2 menit

Urutan Skin Care untuk Kulit Kering: Tahapan Perawatan Pagi dan Malam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Urutan Skin Care untuk Kulit Kering: Tahapan Perawatan Pagi dan Malam (35025)
searchPerbesar
Ilustrasi Kulit Kering Foto: Shutterstock
Merawat kulit kering bukanlah perkara yang mudah. Disebut demikian, karena kamu harus menjaga supaya kulit tetap lembap dan terhidrasi sepanjang hari. Jika salah langkah, kulit pun akan semakin kering dan mengelupas.
ADVERTISEMENT
Dalam merawat kulit kering, penting sekali mempertimbangkan kandungan bahan aktif yang ada di dalam produk skin care yang dipakai. Kandungan bahan aktif untuk kulit kering utamanya harus bisa menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Beberapa bahan aktif tersebut; misalnya asam hialuronat, glycerin, hingga ceramide.
Selain memperhatikan kandungan bahan aktif, kamu juga harus memperhatikan urutan pemakaian produk skin care secara tepat. Sebab, menurut dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di ZAP Premiere Clinic dan Bamed Skin Care Jakarta, dr. Indah Widyasari, SpKK, urutan pemakaian skin care yang tepat bisa membuat produk yang dipakai bekerja secara optimal di dalam kulit.
“Selain itu, hal tersebut juga akan mempengaruhi produk itu ngefek atau enggak ke kulit, lalu penetrasi dan absorpsinya juga. Jadi, kalau misalnya ternyata absorpsi atau penetrasinya enggak baik, kan percuma ya, nanti produk itu efeknya enggak seperti yang diharapkan,” kata dr. Indah saat diwawancarai kumparanWOMAN pada Rabu (14/7).
ADVERTISEMENT
Lalu, seperti apa urutan skin care untuk kulit kering? Berikut urutan skin care pagi dan malam untuk kulit berjerawat menurut rekomendasi dari dr. Indah:

Urutan skin care pagi

Urutan Skin Care untuk Kulit Kering: Tahapan Perawatan Pagi dan Malam (35026)
searchPerbesar
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock

1. Cleanser

Sebelum mengawali hari, pastikan kamu mencuci muka terlebih dahulu menggunakan cleanser. Pilihlah produk cleanser dalam bentuk non-foaming dan tidak mengandung detergen. Sebab, menurut dr. Indah produk tersebut tidak akan membuat kulit semakin kering dan terasa tertarik setelah tahapan pembersihan.

2. Toner

Setelah cleanser, selanjutnya gunakan toner. Toner sendiri berfungsi untuk menyegarkan dan menghidrasi kulit setelah tahapan pembersihan wajah. Pilihlah hydrating toner yang tidak mengandung alkohol agar tidak mengiritasi kulit.

3. Serum

Tahapan selanjutnya adalah penggunaan serum. Serum sendiri merupakan perawatan wajah yang berfungsi secara intensif dalam menangani atau menargetkan permasalahan kulit tertentu, sesuai dengan bahan yang dikandungnya. Untuk merawat kulit kering, dr. Indah menyarankan kamu untuk memilih serum dengan kandungan asam hialuronat karena bisa mengunci kelembapan.
ADVERTISEMENT

4. Moisturizer

Setelah memakai toner dan serum, saatnya untuk menguncinya dengan menggunakan moisturizer. Pastikan kamu memilih moisturizer yang bertekstur cream atau lotion.

5. Sunscreen

Menurut dr. Indah, ini adalah produk yang wajib digunakan setiap hari dan tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas perawatan kulit harian kamu. Itu karena, sunscreen bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari khususnya sinar UV yang bisa berakibat buruk pada kulit. Saat mengaplikasikan sunscreen, jangan lupa pilih produk yang minimal mengandung SPF 30 PA++.

Urutan skin care malam

Urutan Skin Care untuk Kulit Kering: Tahapan Perawatan Pagi dan Malam (35027)
searchPerbesar
Ilustrasi skin care. Foto: Shutter Stock

1. Double cleansing

Setelah beraktivitas seharian, jangan lupa untuk melakukan double cleansing. Hal ini berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup secara maksimal. Langkah pertama, gunakan cleansing balm untuk membersihkan riasan, debu dan kotoran yang menempel.
ADVERTISEMENT
Selain bisa mengangkat sisa makeup dan kotoran, cleansing balm juga menjadi produk yang ideal untuk kulit kering karena bisa menjaga kelembapan dengan baik. Setelah itu, kamu bisa lanjut mencuci wajah dengan cleanser dalam bentuk non-foaming.

2. Toner

Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Produk toner yang dipakai bisa sama dengan produk yang dipakai di pagi hari. Pemakaian toner ini untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal sepanjang malam.

3. Serum retinol

Sama seperti urutan skin care di pagi hari, setelah toner kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan serum. Untuk serum sendiri, kamu bisa menggunakan produk yang sama dengan yang dipakai di pagi hari. Namun, jika kamu ingin menghilangkan bintik-bintik gelap, maka pilihlah serum yang mengandung retinol. Selain bisa menghilangkan flek, serum ini juga bisa meningkatkan hidrasi dan menenangkan kulit kamu.
ADVERTISEMENT

4. Eye cream

Bagi kamu yang memiliki beragam permasalahan di area mata; seperti kerutan, lingkar mata, bengkak, hingga mata panda, ini adalah tahapan yang paling penting. Mengaplikasikan eye cream sebelum tidur berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit di area sekitar mata.
Pastikan memilih eye cream yang memiliki sifat anti-aging dan bisa meminimalkan lingkaran hitam serta garis-garis pada mata. Selain itu, kamu juga bisa memilih eye cream yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan area bawah mata.

5. Night Cream

Langkah terakhir adalah pemakaian night cream. Mengaplikasikan night cream sangat penting karena bisa membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi semalaman. Menurut dr. Indah, pilihlah night cream yang mengandung asam hialuronat, vitamin C, dan ceramide karena kandungan itu bisa mencegah penuaan dan membuat kulit terlihat cerah di pagi hari.
ADVERTISEMENT