Amankah Minum Kopi 4 Cangkir Sehari?

8 Mei 2017 8:30
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Secangkir kopi (Foto: thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Secangkir kopi (Foto: thinkstock)
Berapa cangkir kopi yang kamu minum dalam sehari?
Bagi para pecinta kopi, mengonsumsi lebih dari dua atau tiga cangkir sehari merupakan hal yang umum dilakukan. Namun, banyak juga yang mengatakan jika ada bahaya kesehatan mengintai kalau kamu mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Namun benarkah demikian?
Dilansir The Daily Mail, para peneliti yang tergabung dalam National Coffee Association meneliti lebih dari 740 studi tentang kopi. Hasil penelitian tersebut menemukan fakta jika empat cangkir adalah batas dari konsumsi kopi per harinya.
Kopi bisa membantu membakar lemak (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi bisa membantu membakar lemak (Foto: Thinkstock)
Kopi memang dianggap sebagai minuman yang menyehatkan karena baik bagi kesehatan jantung. Pernyataan ini pun dibenarkan oleh Dr. Renan Sukmawan, ST, PhD, SpJP (K), MARS, FIHA, FACC saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Hotel Ritz Carlton Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.
"Secara umum, material yang terkandung di dalam kopi aman bagi kesehatan, terutama jantung. Kafein akan mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat bagi pembuluh darah sehingga baik bagi kesehatan jantung," ucap dr Renan yang merupakan staf pengajar Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia.
ADVERTISEMENT
Konsumsi kopi lebih dari satu cangkir mempunyai efek yang bagus bagi kesehatan. Sebuah tinjauan terbaru terhadap 740 studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di International Life Sciences Institute of North America telah menemukan bahwa meminum 400 mg kafein setiap hari atau sampai empat cangkir kopi tidak akan memberikan efek buruk pada kesehatan.
Kopi bisa menyehatkan jantung  (Foto: thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Kopi bisa menyehatkan jantung (Foto: thinkstock)
Penelitian ini juga menunjukkan jika kopi aman diminum oleh ibu hamil lebih dari tiga cangkir kopi setiap hari.
"Hal ini memberikan bukti tentang pemahaman kita tentang kafein pada kesehatan manusia yang lebih jauh," ujar salah satu peneliti yang ikut meneliti studi ini.
"Kami menyimpulkan bahwa tingkat asupan kafein yang sebelumnya sudah ditetapkan, yakni sebanyak 400 mg tidak terkait dengan efek samping apapun," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Dari penelitian ini dapat disimpulkan jika meminum kopi lebih dari 400 mg tidak akan memberikan efek buruk pada kesehatan selama tidak melebihi batas empat cangkir. Namun, satu hal yang perlu kamu ketahui bahwa kopi ini aman diminum empat cangkir sehari jika racikan kopi ini tidak ditambah dengan bahan pemanis apapun seperti gula, susu atau krimer.
Kopi yang ditambah dengan bahan pemanis tersebut hanya akan mengganggu kesehatan tubuh. Penambahan gula bisa menyebabkan penyakit diabetes dan penambahan susu atau krimer yang merupakan lemak hewani bisa menyebabkan kegemukan.
Jadi, sebaiknya konsumsi kopi yang aman dengan tidak menambahkan pemanis apapun, ya!
ADVERTISEMENT