6 Cemilan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan yang Menyehatkan

Konten dari Pengguna
8 Februari 2023 12:19
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustras bayi sedang makan cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustras bayi sedang makan cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan. Foto: Pexels.com
Cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan bisa menjadi solusi untuk mengatasi bayi Mama yang memiliki berat badan yang rendah. Mama bisa menyediakan camilan sehat ini guna mendukung penambahan berat badannya.
Berat badan rendah pada bayi adalah kondisi yang perlu dihindari. Hal ini bisa membuat bayi Mama memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah, sehingga ia mudah terkena penyakit.
Berat badan yang rendah bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi, nafsu makan menurun, gangguan pencernaan, gangguan metabolisme, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.
Guna mengatasi masalah ini, Mama bisa memberikan camilan sehat yang membantu bayi untuk menambah berat badannya. Untuk bayi yang berusia 7 bulan, berikut pilihan cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan.

Cemilan Bayi 7 Bulan Penambah Berat Badan

Cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan bisa membantu bayi mendapatkan berat badan idealnya. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan bisa membantu bayi mendapatkan berat badan idealnya. Foto: Pexels.com
Mama bisa memberikan camilan sehat 2-3 kali sehari untuk mendukung pertambahan berat badan dengan sehat. Mama bisa menyediakan makanan tinggi kalori, protein, dan nutrisi agar berat badan bayi bisa naik dengan cepat.
Khusus untuk bayi berusia 7 bulan, Mama perlu memilih camilan yang mudah dikunyah dan ditelan oleh bayi. Di bawah ini, ada berbagai jenis pilihan cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan yang telah dirangkum dari The Bump.

1. Roti Gandum dan Selai Kacang

Roti gandum adalah salah satu pilihan camilan sehat untuk bayi, Ma. Roti gandum bisa Mama panggang dan potong kecil-kecil agar mudah dikunyah oleh bayi.
Roti gandum adalah sumber karbohidrat yang dapat mendukung penambahan berat badan bayi. Mama juga bisa mengoleskan selai kacang untuk memperoleh kalori yang besar, sehingga berat badan bayi mudah bertambah.

2. Stik Keju

Stik keju adalah camilan sederhana dengan protein yang tinggi. Protein dibutuhkan oleh bayi agar ia tumbuh dengan sehat.
Protein akan membantu bayi untuk membangun jaringan dan otot tubuh bayi, sehingga bobotnya akan bertambah. Maka dari itu, stik keju bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah berat badan bayi.
Berikan stik keju dengan ukuran kecil agar ia tidak tersedak ya, Ma. Mama juga bisa memberikan produk keju lainnya untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan yang menyehatkan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Buah alpukat adalah salah satu cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan yang menyehatkan. Foto: Pexels.com
Alpukat adalah buah yang kaya akan kalori serta nutrisi baik. Buah ini juga mengandung omega 3 dan asam lemak lain yang mendukung perkembangan otak bayi, Ma.
Mama bisa memberikan alpukat sebagai camilan sehat untuk bayi. Untuk mempermudah ia memakannya, potonglah kecil-kecil atau haluskan sebelum diberikan padanya ya, Ma.

4. Puff Pastry

Puff pastry atau kue pastri adalah kue dengan adonan mentega atau lemak padat yang dipanggang. Kue ini bisa menjadi sumber karbohidrat, kalori, serta protein yang baik untuk bayi.
Puff pastry bisa menjadi camilan yang mudah untuk dikonsumsi bayi. Ini juga bisa menjadi pilihan finger food yang baik untuknya, Ma.

5. Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang menyehatkan. Buah ini juga dapat membantu bayi untuk menambah berat badannya.
Dengan kandungan kalori yang pas serta kaya akan vitamin dan mineral, buah pisang bisa menjadi camilan sehat yang mengenyangkan. Teksturnya yang lembut membuat pisang ini mudah untuk dikonsumsi bayi.

6. Salad Buah

Salad buah adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan berat badan bayi, Ma. Mama bisa menggunakan buah-buah dengan tekstur yang lembut.
Untuk menambah cita rasanya, Mama bisa memadukan buah dengan keju dan mayonaise. Pastikan Mama memilih mayonaise dan keju terbaik yang aman untuk bayi.
Jika ragu dalam menambahkan keju dan mayonaise, Mama tetap memberikannya potongan buah-buah segar ini kok!
Itulah beragam pilihan cemilan bayi 7 bulan penambah berat badan yang menyehatkan. Semoga bisa membantu ya, Ma!
(SAI)
Apa bahaya berat badan bayi rendah?
chevron-down
Apa penyebab berat badan bayi rendah?
chevron-down
Apa saja makanan yang bisa menambah berat badan?
chevron-down