Bahayakah Terlalu Lama Duduk saat Hamil? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
23 Maret 2023 15:25
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ibu hamil sedang dudu. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu hamil sedang dudu. Foto: Pexels.com
Saat memasuki trimester 3 kehamilan, Mama bawaannya pasti selalu ingin selalu duduk. Lantas, bahayakah terlalu lama duduk saat hamil?
Ketika hamil, Mama disarankan untuk tidak berdiri dengan lama karena memberikan efek buruk pada tubuh, khususnya pada bagian kaki. Namun, bagaimana dengan duduk? Apakah bisa membahayakan kesehatan ibu hamil?
Guna mengetahuinya, simak informasi seputar efek dari terlalu lama saat duduk dalam artikel ini.

Bahayakah Terlalu Lama Duduk saat Hamil?

Terlalu lama duduk saat hamil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Terlalu lama duduk saat hamil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Foto: Pexels.com
Duduk pada umumnya bukanlah aktivitas yang membahayakan kesehatan, tetapi hal ini bisa saja terjadi jika Mama duduk terlalu lama saat mengandung. Terlalu lama duduk saat hamil bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, Ma.
Saat Mama memasuki kehamilan tua, Mama mungkin rentan mengalami kelelahan. Hal ini membuat Mama ingin duduk atau berbaring sepanjang hari.
Namun, sebenarnya hal ini perlu dihindari, Ma. Ada beberapa efek negatif yang bisa Mama peroleh jika terlalu lama duduk saat hamil.
Dirangkum dari Healthline, berikut beberapa dampak buruk dari terlalu lama duduk saat hamil.

1. Otot Kaki Melemah

Dampak pertama adalah Mama akan mempunyai kaki yang lemah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik bagian kaki yang mengakibatkan otot kaki melemah. Dengan begitu, Mama mungkin akan tidak akan kuat berdiri dalam waktu yang lama.

2. Penambahan Berat Badan

Penambahan berat badan saat hamil adalah hal normal, mengingat Mama menambah asupan kalori harian serta janin yang Mama kandung terus tumbuh dan berkembang.
Namun, jika Mama tidak mengontrol penambahan berat badan saat hamil, Mama bisa berisiko mengalami obesitas. Salah satu pemicunya adalah duduk terlalu lama yang bisa mencegah proses pelepasan dan metabolisme lemak dan gula dalam tubuh.

3. Sakit Punggung

Salah satu dampak buruk dari terlalu lama duduk saat hamil adalah sakit punggung. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu dampak buruk dari terlalu lama duduk saat hamil adalah sakit punggung. Foto: Unsplash.com
Mama juga akan merasakan sakit punggung saat duduk terlalu lama. Ini bisa memperburuk kondisi yang Mama rasakan akibat kehamilan.
Ibu hamil memang rentan mengalami sakit punggung karena memiliki beban yang cukup berat. Namun, hal ini bisa diperburuk oleh kebiasaan duduk terlalu lama, Ma.

4. Darah Menggumpal

Duduk terlalu lama saat hamil bisa menyebabkan trombosis vena dalam, yakni jenis penggumpalan darah yang paling umum terjadi pada daerah kaki.
Apabila gumpalan darah ini pecah, ini bisa menghambat aliran darah ke paru-paru dan menyebabkan masalah pada paru-paru (emboli paru). Emboli paru merupakan kondisi darurat medis yang bisa menyebabkan komplikasi besar atau bahkan kematian.

5. Diabetes Gestasional

Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang sering dialami oleh ibu hamil, Ma. Kondisi ini perlu dihindari karena menyebabkan masalah pada Mama serta bayi, seperti preeklamsia, keguguran, hingga cacat lahir.
Orang yang sering duduk dalam waktu yang lama akan mengalami gangguan metabolisme yang bisa berujung pada peningkatan kadar gula darah.

6. Penyakit Jantung

Duduk dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan penyakit jantung, Ma. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pergerakan fisik yang bisa menyebabkan aliran darah ke jantung terhambat. Maka dari itu, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung.
Itu dia berbagai efek yang bisa diperoleh dari terlalu lama duduk saat hamil, Ma. Guna menghindarinya, cobalah untuk tetap aktif secara fisik ya, Ma.
(SAI)
Apakah berat badan naik normal saat hamil?
chevron-down
Apa itu diabetes gestasional?
chevron-down
Apa bahaya dari gumpalan darah?
chevron-down