Posisi Tidur Bayi saat Pilek yang Aman dan Nyaman

Konten dari Pengguna
20 Februari 2023 13:47
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bayi yang mengalami sakit pilek. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi yang mengalami sakit pilek. Foto: Pexels.com
Saat bayi mengalami pilek, ia cenderung sulit untuk tidur karena hidungnya tersumbat yang membuatnya susah bernapas. Guna menanganinya, Mama bisa mencoba beberapa posisi tidur bayi saat pilek.
Posisi tidur bayi tertentu bisa membantu membuat bayi bernapas dengan mudah. Posisi-posisi ini juga bisa membuat bayi tidur lebih nyaman dan aman.
Lantas, bagaimana posisi tidur bayi saat pilek yang benar? Cari tahu jawabannya dengan menyimak informasi penting di bawah ini ya, Ma!

Posisi Tidur Bayi saat Pilek

Posisi tidur bayi saat pilek adalah tidur terlentang dengan posisi kepala lebih tinggi. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Posisi tidur bayi saat pilek adalah tidur terlentang dengan posisi kepala lebih tinggi. Foto: Pexels.com
Pilek adalah masalah infeksi pada saluran pernapasan yang ditandai dengan keluarnya lendir atau ingus dari hidung. Kondisi ini biasanya disertai dengan hidung tersumbat ataupun meler yang bisa mengganggu pernapasan.
Ketika bayi pilek, ia cenderung sulit untuk bernapas, apalagi jika tidur dengan posisi yang tidak tepat. Mama bisa membantunya untuk tidur nyenyak dengan mengatur posisi tidur bayi.
Mengutip dari WebMD, posisi tidur bayi saat pilek yang tepat adalah posisi telentang dengan bagian kepala sedikit lebih tinggi dibandingkan dadanya. Mama bisa menggunakan bantal khusus atau kain bersih untuk menopang kepalanya.
Posisi ini akan memungkinkan lendir mengalir ke bagian yang rendah, sehingga bayi akan mudah bernapas saat tidur. Ini juga akan membantunya untuk tidur dengan nyaman tanpa perlu khawatir aliran pernapasannya terganggu.
Tak hanya itu, posisi ini juga merupakan posisi tidur bayi yang direkomendasikan oleh para ahli selama 12 bulan pertama kehidupannya.
Di samping itu, Mama perlu memastikan bahwa bayi tidak tidur dengan posisi yang kurang tepat. Beberapa posisi tidur bayi akan membuat bayi kesulitan bernapas saat tidur, seperti posisi tidur menyamping ataupun tengkurap.

Tips Menidurkan Bayi saat Pilek

Pilek pada bayi juga bisa ditangani dengan beberapa perawatan rumahan. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Pilek pada bayi juga bisa ditangani dengan beberapa perawatan rumahan. Foto: Pexels.com
Selain mencoba memposisikan bayi dengan posisi tidur yang tepat, Mama juga bisa melakukan cara lain agar membuat tidur bayi semakin nyenyak meskipun dalam keadaan pilek. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Bantu bayi mengeluarkan lendir di hidungnya sebelum tidur. Mama bisa menggunakan tisu atau alat tertentu untuk menyedot lendir yang menyumbat saluran pernapasan bayi
  • Gunakan air humidifier atau pelembap udara. Menjaga kelembapan udara dapat membantu mengatasi gejala pilek dan hidung tersumbat pada bayi, sehingga ia akan mudah
  • Tingkatkan asupan ASI atau susu anak. Hal ini bisa mencukupi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh bayi dalam melawan infeksi penyebab pilek. Pada bayi di atas 6 bulan, Mama juga bisa mendukungnya dengan memberi air putih atau jus buah segar
  • Oleskan minyak esensial pada perut bayi. Minyak esensial ini bermanfaat untuk memberikan ketenangan dan kenyamanan pada bayi selama ia tidur.
Jaga tempat tidur bayi agar tetap higienis. Pastikan tempat tidur bayi terhindar dari debu atau kotoran yang bisa memperparah kondisi pileknya.
Itulah penjelasan seputar posisi tidur bayi saat pilek dan beberapa tips lainnya. Semoga bisa membantu bayi Mama tidur dengan nyaman dan sembuh dari pilek ya, Ma!
(SAI)
Apa itu pilek?
chevron-down
Apa gejala pilek pada bayi?
chevron-down
Apa posisi tidur yang perlu dihindari saat pilek?
chevron-down