Rekomendasi Pasta Gigi Anak yang Aman jika Tertelan

Konten dari Pengguna
14 September 2023 12:46
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pasta gigi anak. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Bagi banyak orang tua, memilih pasta gigi untuk anak bukan hal yang sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kandungan, kualitas, manfaat, hingga aman atau tidaknya jika tertelan.
ADVERTISEMENT
Perawatan gigi memang sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Mengutip laman Kids Health, perawatan gigi yang baik dimulai sebelum gigi pertama bayi muncul. Dan ketika memasuki usia 2 tahun, anak sudah bisa diberikan pasta gigi yang mengandung fluoride.
Namun, kebanyakan anak memiliki kebiasaan menelan pasta gigi. Padahal, menelan pasta gigi terlalu sering juga dapat membahayakan. Untuk mencegahnya, orang tua dapat memilih pasta gigi anak yang aman jika tertelan. Simak rekomendasinya dalam artikel berikut.

Rekomendasi Pasta Gigi Anak yang Aman jika Tertelan

Ilutrasi pasta gigi untuk anak. Foto: Shutterstock
Jika Anda sedang mencari pasta gigi anak yang aman jika tertelan, PUREKIDS Tooth Paste adalah pilihan yang tepat. Dikutip dari situs resminya, produk keluaran Pure Premium Care ini aman untuk anak usia 6 bulan atau sejak tumbuh gigi.
ADVERTISEMENT
Pasta gigi ini ampuh untuk membersihkan debris atau deposit plak pada permukaan gigi dan gusi. Di dalamnya terdapat kandungan xylitol alami dari Beech Trees di Finlandia dan zat aktif carragenan.
Xylitol merupakan pemanis alami yang menghambat pertumbuhan bakteri penyebab caries pada gigi. Sedangkan carragenan berasal dari rumput laut sebagai pembentuk body gel pada pasta gigi ini.
Tak perlu khawatir, PUREKIDS Tooth Paste dirancang khusus untuk anak dengan formulasi Low Hazard, Food Grade Formula, serta tanpa detergent dan fluoride sehingga aman jika tidak sengaja tertelan. Dengan formulasi tersebut, anak juga akan terhindar dari iritasi pada mulut dan berkurangnya sensitivitas rasa.
Terdapat tiga varian rasa PUREKIDS Tooth Paste yang dapat dipilih, yaitu strawberry, orange (jeruk), dan banana (pisang). Setiap variannya tersedia dalam kemasan tube 50 gram. Pasta gigi ini bisa didapat di berbagai marketplace, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan Blibli.
ADVERTISEMENT

Apa yang Terjadi jika Pasta Gigi Tertelan?

Ilustrai anak sikat gigi. Foto: Shutterstock
Dikutip dari situs Jackson Smiles Family Dentistry, bahan aktif utama dalam sebagian besar pasta gigi adalah natrium fluorida. Zat ini disetujui FDA (Food and Drug Administration) sebagai bahan anti gigi berlubang yang aman dan efektif untuk produk kesehatan mulut.
Fluorida sepenuhnya aman untuk dicerna dalam jumlah kecil, termasuk jumlah yang digunakan dalam pasta gigi. Namun, apabila tertelan dalam jumlah besar, terlebih jika cukup sering, hal ini dapat menyebabkan sakit perut dan kemungkinan penyumbatan usus.
Ada pula beberapa gejala tambahan yang dapat terjadi ketika menelan pasta gigi dengan kandungan fluorida dalam jumlah besar, seperti diare, kesulitan bernapas, mengeluarkan air liur, syok, gemetar, dan muntah.
ADVERTISEMENT

Cara Mencegah Anak Menelan Pasta Gigi

Ilustrai anak sikat gigi. Foto: Shutterstock
Pasta gigi sering kali tersedia dalam berbagai rasa seperti permen karet dan stroberi yang dapat membuat anak tergoda untuk menelannya. Untuk mencegahnya, orang tua dapat mengambil inisiatif dengan mengoleskan sendiri pasta gigi dalam jumlah yang tepat dan menyimpan kemasannya jauh dari jangkauan saat tidak digunakan.
Mengutip laman Olney Dental, orang tua juga bisa menyikat gigi bersama anak untuk mengajarinya cara menjaga kebersihan gigi yang baik. Mulai dari menunjukkan cara memegang sikat gigi, durasi waktu menyikat gigi, dan meludahkan pasta gigi setelah selesai.
Pastikan untuk memberitahu anak bahaya menelan pasta gigi dengan bahasa sederhana. Hal ini akan mendorong mereka untuk selalu meludahkan pasta gigi setelah selesai menggunakannya.
ADVERTISEMENT

Tips Memilih Pasta Gigi Anak

Ilustrai anak sikat gigi. Foto: Shutterstock
Seperti yang disebutkan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih pasta gigi anak. Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa tips memilih pasta gigi anak yang dapat disimak:

1. Periksa Kandungan Fluorida

Pasta gigi merupakan produk yang mengandung fluorida dan zat anti bakteri yang membantu mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatannya. Masing-masing kandungan ini memiliki peran spesifik.
Agen bakteri berperan menghambat pertumbuhan bakteri dan membantu mengurangi plak serta radang gusi. Sementara fluorida membantu memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi.
Namun, pasta gigi untuk orang dewasa dan anak-anak memiliki kandungan fluorida yang berbeda-beda. Untuk itu, orang tua perlu memperhatikan jumlah fluorida yang terkandung di dalam pasta gigi si kecil. Sebaiknya, pilihlah pasta gigi khusus anak dengan kandungan fluorida tidak lebih dari 1000 ppm.
ADVERTISEMENT

2. Pilih Rasa yang Ramah Anak

Mint adalah rasa paling populer untuk produk pasta gigi. Namun, anak-anak cenderung lebih menyukai rasa buah-buahan seperti stroberi atau semangka.
Untuk mendorong anak agar rajin menggosok gigi, coba pilih pasta gigi dengan rasa yang sesuai selera anak. Karakter kartun lucu pada kemasannya juga bisa membuat kegiatan membersihkan mulut terasa menyenangkan bagi si kecil.

3. Pilih Pasta Gigi yang Tersertifikasi

Pastikan pasta gigi yang digunakan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) agar teruji keamanannya. Biasanya, keterangan ini dapat dilihat pada kemasan pasta gigi.
(ADS)