News
·
18 Maret 2021 17:32

Eks Sespri Edhy Prabowo, Anggia Kloer Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
Eks Sespri Edhy Prabowo, Anggia Kloer Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude (138835)
Anggia Kloer saat mengikuti upacara wisuda kelulusannya (foto: dokumen pribadi)
MANADO - Anggia Kloer, mantan Sekretaris Pribadi (Sespri) Edhy Prabowo sewaktu aktif menjabat Menteri KKP, sempat mendapatkan pertanyaan terkait dengan statusnya yang telah memiliki gelar Sarjana Hukum di usia yang masih tergolong muda, 21 tahun.
ADVERTISEMENT
Saat itu, hakim dalam sidang suap ekspor benih lobster bahkan meminta Anggia untuk menceritakan bagaimana dirinya bisa meraih gelar Sarjana Hukum di usia yang sangat muda.
"Bisa diceritakan ketika usiamu baru 21 tahun sudah mendapatkan sarjana S1 Ilmu Hukum. Umur 21 sudah SH loh, coba diceritakan," tanya Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (17/3), seperti dikutip dari Antara.
Anggia Kloer yang memiliki nama lengkap Anggia Putri Tesalonika Kloer sendiri tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi program studi ilmu hukum angkatan tahun 2016.
Dalam situs Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, nama Anggia telah tercatat lulus dengan nomor ijazah 1907011xxx.
Eks Sespri Edhy Prabowo, Anggia Kloer Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude (138836)
Anggia Putri Tesalonika Kloer
Masih di dalam situs tersebut, Anggia berhasil menyelesaikan studinya hanya dalam waktu empat tahun. Selain itu, jika melihat riwayat kontrak mata kuliah milik Anggia Kloer yang selalu mengontrak 24 SKS, maka Anggia bisa dipastikan selalu mendapatkan Indeks Prestasi di atas 3.
ADVERTISEMENT
Sementara, pihak Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi, tempat Anggia kuliah, menyatakan jika Anggia adalah lulusan Fakultas Hukum dengan predikat Summa Cum Laude.
Dari data yang ada di Universitas Sam Ratulangi, Anggia berhasil menyelesaikan 144 SKS selama masa kuliahnya, dengan Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK 3,81.
"Anggia di yudisium tanggal 27 April 2020 atau di tahun akademik atau semester 2019/2020. Dirinya masuk pada tahun 2016 tepatnya satu Juli 2016," kata Kasubag Akademik Fakultas Hukum, Helena Warembengan.
Judul skripsi Anggia sendiri berjudul 'Eksistensi Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Pemenuhan Hak Narapidana'.
Nama Anggia Kloer ikut terseret dalam kasus sidang suap ekspor benih lobster yang melibatkan mantan Menteri KKP, Edhy Prabowo. Jaksa penuntut mengaitkan apartemen dan mobil yang digunakan Anggia berasal dari dana suap kepada Edhy Prabowo.
ADVERTISEMENT
manadobacirita/anes