Food & Travel
·
19 Oktober 2020 5:40

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba

Konten ini diproduksi oleh Maya Selawati Dewi
Berkunjung ke Kota Tegal kurang lengkap jika belum mencicipi makanan khasnya. Seperti daerah lain, Tegal juga memiliki beberapa makanan khas yang citarasanya begitu nikmat.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar makanan khas yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Kota Tegal.

1. Tahu Aci

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba (102651)
Sumber : pinterest
Makanan satu ini nampaknya sudah cukup dikenal sebagai oleh-oleh khas Kota Tegal. Tahu aci dibuat dari tahu kuning yang digoreng bersama aci. Rasanya yang renyah membuat santapan ini cocok dijadikan camilan. Biasanya tahu aci disantap dengan cabai rawit sebagai pelengkap. Tahu aci dijual dengan kisaran harga Rp1.000. Makanan ini biasa dijual di gerobak dan biasanya dijual saat malam hari.

2. Rujak Teplak

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba (102652)
Sumber : Tribun Jateng
Berbeda dengan rujak pada umumnya, rujak teplak menyajikan sambal yang unik dari yang lain. Jika rujak pada umumnya disajikan dengan sambal kacang, rujak teplak disajikan dengan sambal yang terbuat dari singkong. Sambal dari singkong ini lah yang kemudian dinamakan sambal teplak.
ADVERTISEMENT
Sayuran dalam rujak teplak cukup lengkap. Terdiri dari kangkung, kacang panjang, daun ubi, taoge, peria, dan daun lembayung. Sayuran disiram dengan sambal singkong di atasnya. Biasanya ditambah sambal merah dan sambal kelapa sebagai pelengkap. Dijual dengan kisaran harga Rp3.000 - Rp5.000, Anda sudah bisa menyantap sepincuk rujak khas Tegal ini.

3. Kupat Glabed dan Sate Blengong

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba (102653)
Sumber : tfamansek.com
Makanan satu ini cukup bisa membuat perut kenyang. Ketupat disajikan dengan kuah glabed, yaitu kuah santan yang kental dan kaya akan rempah. Semakin nikmat jika disajikan bersama sate blengong. Yaitu sate daging hasil perkawinan bebek dan entok. Dagingnya yang berserat namun gurih ini menambah cita rasa ketupat menjadi semakin nikmat. Satu porsi kupat glabed lengkap dengan sate blengong dijual dengan harga Rp20.000 - Rp25.000.
ADVERTISEMENT

4. Soto Tauco

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba (102654)
Sumber : Kumparan
Sajian kuliner berkuah yang satu ini memiliki cita rasa yang unik. Soto tauco disajikan dengan daging ayam, sapi, ataupun babat. Ditambah taoge, bawang goreng, dan nasi sebagai pelengkap. Kemudian disiram kuah kaldu dan dibubukan tauco di atasnya. Rasa unik dari tauco menambah kenikmatan soto khas Tegal satu ini. Cukup merogoh kocek Rp20.000, Anda bisa menikmati semangkuk soto tauco yang nikmat.

5. Sate Kambing Muda

Makanan Khas Kota Tegal yang Wajib Dicoba (102655)
Sumber : pinterest
Sate yang satu ini tentu memiliki ciri khas yang membedakannya dengan yang lain. Ciri khas sate kambing Tegal ialah pemakaian daging kambing yang masih muda, berumur 3-5 bulan. Tekstur daging yang empuk menjadikan citarasa semakin nikmat. Disiram dengan bumbu kecap yang manis dan pedas membuat sajian ini begitu enak untuk disantap. Sate ini mudah dijumpai di Tegal, sebab kedainya tersebar luas. Dibanderol dengan harga Rp100.000, Anda bisa menikmati satu kodi sate yang berisikan 20 tusuk.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa kuliner khas Tegal yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana. Jika ingin berwisata kuliner, jangan lupa siapkan uang yang cukup. Akan lebih seru jika berwisata kuliner di malam hari sambil menikmati suasana Alun-alun Kota Tegal.