kumparan
Entertainment28 Desember 2019 20:54

4 Konser yang Menyita Perhatian Selama 2019

Konten Redaksi kumparan
KONTEN SPESIAL, Pensi, Ilustrasi Konser
Ilustrasi Konser Foto: Shutter Stock
Ada banyak konser dan festival musik yang meramaikan 2019. Baik yang dimeriahkan oleh musikus dalam negeri, atau luar negeri.
ADVERTISEMENT
Tapi, dari sekian banyak gelaran musik tersebut, seenggaknya ada empat konser yang paling menyita perhatian selama 2019. Apa aja?
  1. LaLaLa Festival
Gelaran musik satu ini digelar pada Februari 2019. Festival musik ini diramaikan oleh Svmmerdose, Diskoria, Project Pop, Sheila On 7, Crush, The Internet, sampai Honne.
Tapi, seusai acara, enggak sedikit pengunjung yang menyesal karena acaranya dinilai kisruh. Mulai dari sistem parkir, padatnya lalu lintas menuju lokasi konser, sampai medan yang mengharuskan penonton untuk mendaki.
Menanggapi hal ini, Ferally Mahardika selaku Public Relations Manager LaLaLa Festival 2019 menjelaskan, tiap tahunnya pihak penyelenggara telah mencoba untuk mengurangi jumlah kendaraan yang berada di lokasi acara.
Sementara dari lokasi penukaran tiket menuju pintu masuk Orchid Forest, pihak penyelenggara sudah menyediakan beberapa armada.
ADVERTISEMENT
Ke depannya, penyelenggara menyebut pihaknya akan mencoba memperbaiki permasalahan yang ada.
  1. LANY
LANY dijadwalkan menggelar konser di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada 13-14 Agustus 2019. Akan tetapi, penampilannya di hari pertama harus ditunda akibat masalah teknis dan kondisi listrik yang enggak stabil.
Akibat konser hari pertama ditunda, LANY menggelar dua pertunjukan pada 14 Agustus 2019.
Selain itu, perubahan jadwal ini menyebabkan Svmmerdose sebagai opening act gagal tampil. Penampilan mereka diwakili oleh vokalisnya, Rinrin, dan cuma manggung selama 15 menit di show ke-2 konser LANY.
  1. Lokatara Festival
The Drums, Sales, Alex TBH, Gus Dapperton, Great Good Fine OK, dan Sophie Meiers batal manggung di festival musik yang diadakan pada November 2019 tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satu penampil dari Amerika Serikat yang tetap manggung, Peachy!, sempat curhat soal kendala yang dia alami. Tapi begitu, akhirnya pelantun 'Fallin For U' tersebut dapat kembali ke negaranya, setelah tertahan imigrasi sejak malam konser.
Menyusul hal ini, pihak Lokatara Fest mengklaim bahwa mereka udah menyelesaikan urusan dengan tiap artis internasional, tapi ada pembatalan sepihak dari salah satu penampil.
Di sisi lain, penyelenggara telah memberi informasi soal prosedur refund tiket.
  1. Musikologi
Festival musik yang berlangsung pada akhir November lalu ini berakhir ricuh. Dari beberapa foto dan video yang tersebar di media sosial, terlihat pagar besi pembatas roboh, panggung berantakan, dan dua penampil acara tersebut, Fourtwnty serta Feel Koplo batal manggung.
ADVERTISEMENT
Pihak penyelenggara memberikan penjelasan melalui akun Instagram mereka. Penjelasan pertama, mereka membenarkan bahwa terjadi kerusuhan di Panggung Merah di Musikologi 2019.
Ke-2, hujan deras kembali ditekankan panitia sebagai alasan molornya acara. Mereka menjelaskan bahwa ada oknum keamanan yang melakukan sabotase terhadap genset acara.
Dalam postingan yang ke-3, pihak Musikologi 2019 mengakui bahwa mereka adalah contoh kegagalan dari penyelenggara konser musik.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan