Buzz
·
7 Juli 2021 19:51
·
waktu baca 1 menit

Begadang Berdampak Negatif pada Performa Kerja, Yuk, Tidur Lebih Awal!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Begadang Berdampak Negatif pada Performa Kerja, Yuk, Tidur Lebih Awal! (144554)
searchPerbesar
Ilustrasi begadang Foto: Shutterstock
Apakah kamu seorang pekerja yang sering begadang hingga larut malam? Mungkin karena pekerjaan yang menumpuk atau terbiasa tidur dini hari.
ADVERTISEMENT
Nah, kalau masih suka begadang, mending segera ubah pola tidurmu, deh. Sebab menurut riset, begadang berdampak negatif, lho, sama performa kerja.

Performa kerja buruk sampai lebih mungkin hidup sebagai jomblo

Dilansir US News, para night owls alias tukang begadang dua kali lebih mungkin memiliki performa kerja yang buruk.
Orang-orang yang sering begadang juga memiliki risiko lebih tinggi pensiun dini karena penyakit, dibandingkan dengan pekerja yang tidur lebih awal.
Enggak cuma itu, peneliti menyebut mereka yang suka begadang lebih mungkin hidup sebagai jomblo alias enggak menikah. Waduh!
Hal ini karena pekerja yang suka begadang enggak mendapatkan waktu tidur cukup di hari kerja. Sehingga mengalami kurang tidur dan baru bisa mengejar utang tidur itu saat akhir pekan.
ADVERTISEMENT
"Temukanlah jadwal kerja yang sesuai, sebab penting untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam," sarannya.
Hasil ini didapat dari penelitian yang dilakukan tim riset di Universitas Oulu, Finlandia. Mereka mengamati lebih dari 12 ribu orang yang terdiri dari 6 ribu cowok dan 5 ribu cewek. Para responden disurvei tentang kehidupan kerja dan kesehatannya.
Tips Tidur Pulas Lebih Cepat
Biar bisa tidur lebih cepat dan enggak begadang lagi, coba langkah mudah di bawah ini, yuk!
1. Atur napas agar relaks
Ambil napas secara perlahan dan dalam. Buat bahu dan lenganmu dalam keadaan senyaman mungkin. Biarkan bahumu serendah mungkin sampai rasanya seperti mengambang. Lemaskan pula tangan dan jari-jari. Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam lagi, lalu mulai meregangkan kaki-kaki. Lemaskan bagian betis, telapak, dan pergeralangan kaki.
2. Berbaring dan kosongkan pikiran
Setelah berbaring, coba kosongkan pikiranmu. Lepaskan risau, galau, dan semua masalah. Tenangkan pikiran dan kendurkan semua otot.
3. Pejamkan mata
Pejamkan mata dan selamat tidur.
Laporan: Afifa Inak