Film Indonesia Bangkit Tercepat dari Pandemi di Asia, Kalahkan Korea & Jepang

Konten Media Partner
2 Desember 2023 18:45 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Festival Director JAFF, Ifa Isfansyah. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
zoom-in-whitePerbesar
Festival Director JAFF, Ifa Isfansyah. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
ADVERTISEMENT
Festival Director Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang juga sutradara Ifa Isfansyah, mengatakan bahwa industri film Indonesia telah bangkit dari keterpurukan akibat pandemi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ia menyebut bahwa progress kebangkitan industri film Indonesia dari pandemi merupakan yang paling cepat dibandingkan negara-negara lain di Asia.
“Di titik ini Indonesia adalah negara nomor satu di Asia yang kembalinya ke bisnis filmya paling cepat,” kata Ifa Isfansyah setelah konferensi pers penutupan JAFF 2023 di Artotel Yogyakarta, Sabtu (2/12).
Konferensi pers penutupan JAFF 2023. Foto: Arif UT/Pandangan Jogja
Negara lain di Asia yang industri filmnya cukup kuat seperti Korea Selatan dan Jepang saja saat ini kebangkitan industri filmnya baru sekitar 40 persen dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi.
“China dan India kembalinya juga belum seperti Indonesia. Indonesia bisa dibilang sudah kembali 100 persen seperti sebelum pandemi,” ujarnya.
Indikator kebangkitan industri film ini dilihat dari pangsa pasar atau jumlah penonton film di bioskop dan dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi. Secara kasat mata, bioskop-bioskop di Indonesia dan acara-acara festival film juga sudah kembali ramai seperti sebelum pandemi.
ADVERTISEMENT
“Kalau di negara lain baliknya itu belum sampai 50 persen, Indonesia sudah balik 100 persen. Bioskop lihat sudah ramai, festival juga sudah ramai,” kata Ifa Isfansyah.