Arti Jambore, Jenis-jenis, dan Sejarahnya

Pengertian dan Istilah
Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
8 Agustus 2023 15:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Jambore. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Arti Jambore. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Jambore sangat erat kaitannya dengan pramuka dan perkemahan. Namun, apa arti jambore yang sebenarnya?
ADVERTISEMENT
Jambore berasal dari kata "jamboree" dalam bahasa Inggris, yang artinya kira-kira sebuah perayaan atau pesta besar yang melibatkan massa yang banyak dan riuh. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Jambore

Pengertian Jambore. Foto: Unsplash
Menurut kamus Oxford Canada, etimologi Jambore muncul pada abad ke-19. Penyair Robert W. Service menggunakan kata ini jauh sebelum kegiatan jambore dunia pertama terselenggara.
Kata jambore juga terdapat pada lagu Rolling Stone berjudul Athabaska Dick yang dirilis pada tahun 1912. Kala itu, kata jambore diartikan sebagai pertemuan besar yang riuh atau gaduh.
Sementara menurut KBBI, Jambore adalah pertemuan besar para Pramuka. Sementara, Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana.
Pramuka merupakan organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Pengertian jambore lebih lengkap dijelaskan dalam Buku Panduan Wajib Pramuka, Jaenudin Yusup & Tini Rustini, jambore adalah pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka, seperti jambore ranting, jambore cabang, jamboree daerah, jambore nasional, jamboree regional, dan jamboree sedunia.

Jenis-jenis Jambore Berdasarkan Tingkatan

Jenis-jenis Jambore Berdasarkan Tingkatan. Foto: Unsplash
Jambore dibedakan menurut tingkatannya dan berdasarkan pelaksanaannya antara lain sebagai berikut.
Selain empat jenis di atas, terdapat pula kegiatan Jambore Pramuka untuk skala internasional. Pertemuan besar para Pramuka sedunia disebut Jambore Pramuka Dunia atau World Scout Jamboree. Jambore Pramuka Dunia diadakan setiap empat tahun sekali.
ADVERTISEMENT

Sejarah Jambore Pramuka Dunia

Sejarah Jambore Pramuka Dunia. Foto: Unsplash
Menurut situs World Organization of the Scout Movement, Jambore Pramuka Dunia berkaitan dengan sejarah berdirinya gerakan kepanduan dunia.
Bermula dari pendiri kepanduan dunia yakni Robert Baden-Powell, yang dikenal sebagai Bapak Pandu Dunia, membayangkan sebuah acara khusus yang terbuka untuk gerakan Pramuka dari semua negara di seluruh dunia.
Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang dicetuskannya Jambore Pramuka Dunia. Perayaan Jambore Pramuka Dunia pertama kali diadakan pada tahun 1920 di Olympia London di Inggris. Acara tersebut dihadiri oleh 8.000 gerakan Pramuka dari 34 negara dunia.
Baden-Powell menggunakan kata jambore dengan maksud bahwa kata ini berkaitan dengan kata Corroboree. Corroboree adalah istilah suku Aborigin Australia untuk setiap hal yang dianggap perkumpulan yang berisik yang dilakukan pada malam hari.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, Jambore Pramuka Dunia senantiasa diadakan setiap empat tahun sekali. Penyelenggaraan acara Jambore Pramuka Dunia setiap empat tahun sekalinya itu diadakan di berbagai negara dunia secara bergiliran.
Nah, itulah penjelasan mengenai jambore. Semoga bermanfaat, ya!
(DEL)