Arti PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh dan Keunggulannya

Artikel yang menjelaskan pengertian dari sebuah istilah.
Konten dari Pengguna
15 September 2023 9:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Pengertian dan Istilah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Arti PJJ. Foto: Unsplash.com/Annie Spratt
ADVERTISEMENT
Pendidikan merupakan fondasi penting dalam perkembangan seseorang. Di era modern ini, pendidikan tak lagi terbatas pada kelas fisik di sekolah atau universitas. Salah satu bentuk pendidikan yang semakin populer adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
ADVERTISEMENT
PJJ memberikan fleksibilitas bagi individu untuk belajar tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama dengan pengajar atau instruktur. Lebih lanjut, artikel ini akan membahasa arti PJJ, perkembangan, keunggulan, beserta tantangannya.

Arti PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh

Ilustrasi Arti PJJ. Foto: Unsplash.com/Robo Wunderkind
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merujuk pada bentuk pendidikan saat siswa dan instruktur terpisah secara geografis dan komunikasi antara mereka terjadi melalui teknologi seperti Internet, surat, atau telepon.
Sistem pendidikan tersebut memungkinkan individu untuk belajar tanpa harus berada di lokasi fisik yang sama dengan pengajar, sehingga memberikan fleksibilitas waktu dan tempat belajar.

Perkembangan PJJ

Menurut Michael G. Moore dalam buku berjudul Distance Education: A Systems View of Online Learning, Pembelajaran Jarak Jauh ada sejak abad ke-19, ketika koran-koran dan materi pelajaran dikirimkan melalui pos ke siswa yang berlangganan.
ADVERTISEMENT
Namun dengan perkembangan teknologi, terutama munculnya Internet dan komunikasi digital, PJJ bertransformasi secara signifikan. Saat ini, siswa dapat mengakses materi pembelajaran, mengikuti kelas daring, dan berkomunikasi dengan instruktur tanpa harus berpindah tempat.

Keunggulan Pembelajaran Jarak Jauh

Ilustrasi Arti PJJ. Foto: Unsplash.com/Thomas Park
Pembelajaran Jarak Jauh memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Menurut David R. Garrison dalam bukunya E-Learning in the 21st Century" (2011) beberapa manfaat PJJ meliputi:

1. Fleksibilitas Waktu

Siswa dapat belajar sesuai jadwal mereka sendiri, sehingga cocok untuk orang yang bekerja atau memiliki kewajiban lain.

2. Akses Universal

PJJ memungkinkan individu dari berbagai latar belakang dan lokasi geografis untuk mengakses pendidikan tinggi yang berkualitas.

3. Kemajuan Teknologi

Siswa terbiasa dengan teknologi dan alat komunikasi modern yang merupakan keterampilan berharga dalam lingkungan kerja saat ini.
ADVERTISEMENT

4. Efisiensi Biaya

PJJ sering kali lebih terjangkau dibanding pendidikan tradisional karena mengurangi biaya transportasi dan akomodasi.

5. Diversitas Pembelajaran

Siswa dapat memilih dari beragam program dan mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan tujuan mereka.
Menurut buku Online Education and Adult Learning: New Frontiers for Teaching Practices yang ditulis oleh Terry T. Kidd dan Irene Chen, PJJ memungkinkan individu dari berbagai latar belakang sosial dan geografis untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kariernya.

Tantangan dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Ilustrasi Arti PJJ. Foto: Unsplash.com/Thomas Park
Meski memiliki berbagai keunggulan, PJJ juga dihadapkan dengan sejumlah tantangan. Salah satunya adalah kurangnya interaksi sosial yang dapat terjadi dalam lingkungan pembelajaran konvensional.
Menurut buku Distance Education: A Systems View of Online Learning yang ditulis Michael G. Moore dan Greg Kearsley, interaksi antara siswa dan instruktur, serta antara sesama siswa, dapat meningkatkan pengalaman pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk merancang lingkungan PJJ yang mendorong interaksi sosial, seperti forum daring, kelompok diskusi, atau kelas virtual.
ADVERTISEMENT
Tantangan lainnya adalah perluasan infrastruktur teknologi di daerah-daerah yang mungkin tak memiliki akses Internet yang stabil. Hal ini menjadi kendala bagi beberapa siswa yang ingin mengikuti PJJ.