kumparan
8 September 2019 10:07

Perbedaan Film 'IT: Chapter Two' dengan Novelnya (Part 2)

Play Stop Rewatch, Jakarta - Kemarin, kami sudah membahas bagian-bagian pada film IT: Chapter Two yang berbeda dengan novelnya. Itu baru part pertama, dan kini kami akan sajikan lanjutannya.
ADVERTISEMENT
Buat yang belum sempat baca part pertamanya bisa langsung cek di sini.

Manisfestasi IT

Untitled Image
Salah satu manisfestasi dari IT (Foto: Warner Bros)
Filmnya memang sudah memvisualisasikan beberapa manisfestasi dari IT, seperti Paul Bunyan, mummy, kepala Stan Uris, dan masih banyak lagi. Namun, tidak sepenuhnya yang ada di buku tidak ditunjukan pada filmnya. Seperti ketika Beverly mengunjungi rumah lamanya, rumahnya berubah menjadi candy house, seperti ketakutan Beverly kepada penyihir dari Hansel and Gretel.

Formasi terakhir The Losers Club

Untitled Image
Formasi terakhir The Losers Club (Foto: Warner Bros)
Pada novelnya, Henry Bowers menyerang Mike di perpustakaan dan menyebabkan dirinya harus masuk rumah sakit. Berbeda dengan filmnya, Henry Bowers lebih dulu menyerang Eddie di hotel. Bukannya mematahkan tangan Eddie seperti novelnya, Henry malah menusuk wajahnya.
Hal tersebut membuat formasi terakhir The Losers Club sedikit berbeda dari novelnya. Karena Mike masuk rumah sakit, maka The Losers Club hanya berlima ketika melawan Pennywise. Hal ini menghilangkan adegan Pennywise mengirimkan seseorang untuk membunuh Mike di rumah sakit pada filmnya.
ADVERTISEMENT

Tom Rogan dan Audra Denbrough

Untitled Image
John Hawkes yang akan berperan sebagai Tom Rogan (Foto: IMDb)
Tom Rogan adalah suami dari Beverly, sedangkan Audra Denbrough adalah istri dari Bill. Peran mereka berdua di filmnya hanya sekadar muncul pada perkenalan setiap masing-masing anggota The Losers Club pada saat dewasa. Jauh berbeda dengan novelnya di mana mereka berdua memiliki perang yang sangat besar.
Keduanya mengikuti masing-masing pasangan mereka ke Derry yang kemudian membuat Tom dipengaruhi oleh Pennywise dan menghidupkan kembali ingatan dari Henry Bowers. Sementara itu, Audra mendapatkan penglihatan dari masa lalu Beverly. Singkat cerita, mereka berdua dibawa ke tempatnya IT, di mana Tom meninggal karena melihat bentuk aslinya IT dan Audra mengalami koma.

Rahasia terbesar IT

Untitled Image
IT sebagai Pennywise (Foto: Warner Bros)
Salah satu twist terbesar yang ada di bukunya tidak diindahkan sama sekali pada filmnya, yaitu fakta bahwa IT memiliki kelamin wanita. Selain itu, IT yang dilawan para The Losers Club pada saat itu sedang mengandung. Mungkin ini yang terbaik untuk filmnya, karena apa pun gendernya, tidak terlalu penting dan berpengaruh pada jalan ceritanya.
ADVERTISEMENT

Kehancuran Kota Derry

Untitled Image
The Losers Club setelah mengalahkan Pennywise (Foto: Warner Bros)
Kota Derry entah kenapa seperti memiliki hubungan tersendiri dengan IT. Jadi ketika The Losers Club berhasil mengalahkan IT, Kota Derry hancur seiring dengan kematian Pennywise. Sedangkan di filmnya, kematian Pennywise hanya menghancurkan rumah di Neibolt Street.

Ingatan yang menghilang

Untitled Image
Reuni The Losers Club (Foto: Warner Bros)
Salah satu hal yang paling unik dari tinggal di Kota Derry adalah ketika keluar dari kota tersebut. Ingatan mereka perlahan-lahan mulai menghilang hingga tidak bisa mengingat apa pun selama tinggal di sana. Pada bukunya, hal ini tidak berubah walaupun Pennywise sudah dikalahkan. Sebaliknya, pada filmnya, Pennywise merupakan penyebab utama kenapa mereka bisa hilang ingatan.
Alhasil, ending dari novel dan filmnya sedikit berbeda. Jika di filmnya mereka semua masih saling keep contact satu sama lain, di novelnya mereka semua akan melupakan apa pun yang terjadi selama di Kota Derry.
ADVERTISEMENT
Penulis: Andri
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan