Entertainment
·
2 April 2020 15:39

Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java

Konten ini diproduksi oleh
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66346)
Aziz Gagap. Foto: Instagram /@ajis_gagap22
Baru-baru ini Aziz Gagap menyita perhatian netizen. Setelah bertahun-tahun tampil di acara televisi Opera Van Java (OVJ), ia memutuskan undur diri.
ADVERTISEMENT
Tadinya, Andre Taulany, Sule, dan Nunung juga berlakon di OVJ sebelum hengkang. Ia kemudian masih mengocok perut penonton bersama Parto, ,juga ditemani wajah-wajah baru, seperti Rina Nose, Denny Cagur, dan Mpok Alpha.
Pelawak yang terkenal dengan cara bicaranya yang gagap tersebut punya alasan mengapa memilih merampungkan kiprahnya di OVJ. Ia mengaku hendak fokus mengurus pondok pesantren untuk anak-anak pesantren.
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66347)
Aziz Gagap. Foto: Instagram /@ajis_gagap22
Pemilik nama asli Muhammad Azis itu memulai kariernya sebagai komedian dengan melawak melalui panggung lenong dari satu kelurahan ke keluarahan lainnya.
Pada 1999, Aziz Gagap mulai bekerja dengan Bagito dalam acara Paviliun 21 di TVRI. Dari situlah ia mengenal grup lawak Patrio.
Kala itu penghasilannya berkisar Rp 25 ribu. Dengan pendapatannya tersebut, ia mencukupi kebutuhan istri dan ketiga anaknya.
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66348)
Aziz Gagap saat di Opera Van Java. Foto: Instagram/@ajis_gagap22
Tak pantang meyerah, Aziz Gagap terus berusaha untuk mendapatkan lebih banyak rejeki demi kehidupan keluarganya yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
Ia lalu bekerja di sebagai kontraktor bangunan. Merasa tidak cocok dengan pekerjaannya, Aziz Gagap meninggalkannya dan kembali menjadi komedian.
Ternyata, peluang rejeki dan kariernya menjadi komedian terbuka lebar. Ia juga mendapat saran dari seorang penulis untuk berperan sebagai orang gagap.
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66349)
Aziz Gagap, Sule, Nunung, Parto, dan Andre. Foto: Instagram /@ajis_gagap22
Sejak saat itu, karakter gagap menjadi ciri khasnya. Pada 2008, kariernya kian menanjak lantaran ia bergabung di OVJ.
Azis Gagap juga merambah ke dunia tarik suara dan mengeluarkan album. Selain itu, ia juga melebarkan sayap ke dunia akting dengan membintangi sinetron maupun film.
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66350)
Reza Rahardian dan Aziz Gagap. Foto: Instagram /@ajis_gagap22
Sinetron yang pernah dibintanginya, antara lain Suami Idola (2011), Mas Boy dan Lemon (2013-2014), Emak Ijah Pengen ke Mekkah (2015), dan Montir-Montir Syantik (2019).
Aziz Gagap juga membintangi empat film, yakni Pocong Ngesot, Kuntilanak Kesurupan, Kepergong Pocong, dan Pocong Kesetanan, yang sama-sama tayang pada 2011.
ADVERTISEMENT
Selain OVJ, acara televisi lainnya yang pernah menampilkan Aziz Gagap, yaitu Beauty & Azis, Panggung Komedi, Azis Berbagi, Nyonya Nunung, Perbukers Ramadhan, dan Oh Gitu.
Profil Aziz Gagap, Komedian yang Baru Saja Undur Diri dari Opera Van Java (66351)
Aziz Gagap. Foto: Instagram /@ajis_gagap22
Di balik sosoknya sebagai pelaku dunia hiburan, Aziz dikenal dermawan dan sangat peka terhadap masalah sosial. Ia mendirikan sebuah pesantren di Bogor.
Pesantren tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi. Untuk tinggal di situ, mereka dibebaskan dari biaya.
Di samping itu, Aziz Gagap juga mengelola sejumlah bisnis, yakni di bidang kuliner hingga jual beli hewan kurban.