Konten dari Pengguna

5 Soal Simulasi SNBT 2024 beserta Pembahasannya

Ragam Info
Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
25 Desember 2023 16:35 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh soal simulasi SNBT 2024. Foto: Unplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh soal simulasi SNBT 2024. Foto: Unplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Soal simulasi SNBT 2024 telah dirilis oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) selaku penyelenggaranya. Kemendikbud sendiri membentuk BP3 sebagai upaya untuk memberikan informasi seputar pelaksanaan pengelolaan pengujian pendidikan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Tugas dari badan yang dibentuk oleh Kemendikbud tersebut untuk mengelola layanan seleksi masuk calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri. Adapun pengujiannya berupa pengujian akademik dan pengujian non akademik.

Contoh Soal Simulasi SNBT 2024

Ilustrasi contoh soal simulasi SNBT 2024. Foto: Unplash
Mengutip dari buku Aku Adalah Agen Perubahan Besar, Alqis Bahnan, Basir (2023:5), SNBT adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berbasis Tes. Materi yang diujikan pada tes ini meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.
Ujian tes SNBT akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Pelaksanaan UTBK SNBT gelombang 1 dilaksanakan pada tanggal 30 April dan 2-7 Mei 2024. Sedangkan UTBK SNBT gelombang 2 dilaksanakan pada tanggal 14-20 Mei 2024.
Semakin dekat pelaksanaan tes SNBT, maka calon mahasiswa baru diharapkan untuk rajin mengerjakan soal. Adapun soal simulasi SNBT 2024 yang dikutip dari laman website BP3 Kemdikbud dapat diketahui sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
1. Sebuah bianglala (ferris wheel) bertitik pusat P (0,0). Titik P berada pada ketinggian 35 meter dari permukaan tanah. Setiap penumpang bianglala naik dari titik terbawah, yaitu titik D. Dalam waktu 5 menit, setiap penumpang bianglala telah menjalani lintasan sepanjang 125/4 π meter. Sebuah lampu dipasang pada suatu titik di bianglala. Bianglala berputar satu putaran dalam waktu .... menit
A. 6
B. 7
C. 8
D. 9
E. 10
Jawab:
ADVERTISEMENT
2. Bilangan empat angka a094 kurang dari 6000. Jika bilangan tersebut dibagi 3 bersisa 1, maka a = .....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawab:
3. Jika siswa perempuan yang mengunjungi perpustakaan sekolah selama lima hari berturut-turut adalah 16, 19, 24, 27, dan 32. Sementara itu, jumlah siswa laki-laki yang berkunjung selama lima hari yang sama adalah 8, 8, 9, 11, dan 14. Jika tren kunjungan tersebut bersifat konstan, berapa jumlah siswa berkunjung ke perpustakaan pada hari ke-6?
A. 35 dan 17
ADVERTISEMENT
B. 35 dan 18
C. 37 dan 17
D. 37 dan 18
E. 39 dan 19
Jawab:
4. ¹Durian merupakan buah yang sangat disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. ²Raja buah dengan aroma khasnya ini juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh. ³Namun, produksi durian terancam karena tanaman ini sensitif terhadap perubahan iklim.
⁴Di Indonesia, perubahan iklim yang terjadi umumnya berdampak pada perubahan cuaca, seperti peningkatan suhu harian dan pola curah hujan. ⁵Perubahan cuaca yang tidak menentu secara tidak langsung berdampak pada budidaya durian.
ADVERTISEMENT
⁶Durian termasuk tanaman yang membutuhkan naungan saat masih kecil dan tidak tahan terik matahari di musim kemarau. ⁷Peningkatan suhu ... menjadikan daerah kering menjadi semakin kering dan daerah basah menjadi ... basah.
⁸Musim kering yang berlangsung lebih dari 3 bulan dapat menyebabkan bunga dan buah tanaman durian rontok. ⁹Akan tetapi, curah hujan yang tinggi pun dapat menyebabkan bunga atau buahnya gugur. ¹⁰ Kedua kondisi tersebut menghambat pertumbuhan durian karena memperlambat masa pembungaan.
Kalimat (7) dalam bacaan tersebut akan menjadi bermakna bila dilengkapi dengan kata-kata .....
A. agak – sangat
B. dapat – lebih
C. sepertinya – terlihat
D. cenderung – semakin
E. diduga – kurang
Jawab:
ADVERTISEMENT
5. Buah bit dianggap sebagai buah yang banyak memberikan manfaat karena memiliki kalori yang rendah. Namun, buah bit memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Mengonsumsi buah bit terlalu banyak dapat memicu peningkatan sekresi oksalat yang berkontribusi pembentukan batu ginjal. Untuk itu, jika memiliki batu ginjal, sebaiknya kita tidak mengkonsumsi buah bit secara berlebihan.
Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI SALAH?
A. Buah bit banyak dikonsumsi karena memiliki kalori yang rendah.
B. Kandung oksalat pada buah bit menyebabkan batu ginjal.
C. Konsumsi buah bit berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencerahan.
D. Konsumsi buah bit tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.
E. Walaupun dapat menyebabkan batu ginjal, buah bit tidak akan mengganggu pencernaan.
ADVERTISEMENT
Jawab:
Demikianlah soal simulasi SNBT 2024 yang dikutip dari laman website BP3 Kemdikbud. Semoga pembahasan dari soal tersebut bisa membantu meningkatkan pemahaman pembaca. (NTA)